Alasan Penamaan Bulan Ramadan

- Kamis, 7 April 2022 | 16:53 WIB
Ilustrasi Ramadhan (Muhammad Ikhwanuddin)
Ilustrasi Ramadhan (Muhammad Ikhwanuddin)

 

HARIAN HALUAN - Bulan Ramadan merupakan momen penting bagi umat Islam. Ini adalah saat-saat sakral untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah, pada bulan ini juga terdapat banyak karunia yang Allah berikan kepada hamba-Nya.

Namun, tahukah kamu bagaimana alasan penamaan Ramadan? Berikut penjelasan yang dikutip laman NU Online

Bukan tanpa alasan jika umat Islam sangat bahagia dengan kedatangan bulan yang satu ini.  Pada bulan ini, semua umat Islam diperintah untuk melakukan puasa, yaitu dengan cara menahan diri dari syahwat perut dan syahwat kemaluan.

Syahwat perut berarti menahan dari makan dan minum, sedangkan syahwat kemaluan adalah menahan dari jima’ atau hal-hal yang mengarah ke perbuatan ini. Semua itu dimulai sejak terbitnya fajar shadiq hingga terbenamnya Matahari.

Kewajiban puasa tercantum dalam firman Allah dalam Al-Qur’an, yaitu:  

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  

Artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 183).

Selain itu, bulan Ramadhan diyakini menjadi bulan yang sangat mulia, karena menjadi bulan diturunkannya Al-Qur’an sebagai pedoman manusia untuk mendapatkan hidayah dan petunjuk dari-Nya. Oleh karena itu, tidak heran jika di setiap masjid dan mushala, ada banyak umat Islam membaca Al-Qur’an dengan bentuk tadarus.  

Halaman:

Editor: Muhammad Ikhwanuddin

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X