Doa-Doa Puasa Ramadan yang Dibaca Umat Islam Satu Bulan Penuh Beserta Arti

- Jumat, 8 April 2022 | 06:57 WIB
Ilustrasi umat muslim membaca doa puasa Ramadan 2022
Ilustrasi umat muslim membaca doa puasa Ramadan 2022

Bulan Ramadan 2022 penuh keberkahan bagi umat muslim di dunia serta mendatangkan kebahagiaan dengan segala keistimewaannya. Bulan suci ini pun dikenal sebagai bulan umat muslim melaksanakan ibadah puasa Ramadan, bulan ayat Al Quran pertama kali diturunkan, bulan taubat setiap manusia dapat menghapuskan dosa-dosanya atas izin Allah Swt., bulan kasih sayang, bulan kesabaran, serta bulan Allah Swt. mengabulkan doa-doa umat muslim, terutama doa puasa Ramadan.

Rasulullah Saw. senantiasa berdoa kepada Allah Swt. sebelum Ramadan datang, “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Syaban serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadan.” Orang-orang saleh juga senantiasa berdoa kepada Allah Swt. 6 bulan sebelum Ramadan datang supaya dapat menjumpai bulan yang penuh berkah serta amalan mereka diterima Allah Swt.

Umat muslim pun bersungguh-sungguh memanjatkan doa puasa Ramadan di bulan suci itu, sebab banyaknya keutamaan di bulan Ramadan. Itu pun tertuang dalam hadis Rasulullah Saw.,”Ketika datang malam pertama dari bulan Ramadan seluruh setan dibelenggu, dan seluruh jin diikat. Pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pun yang terbuka.

"Semua pintu surga dibuka hingga tidak ada satu pun pintu yang tertutup. Lalu, tiap malam datang seorang yang menyeru, ‘Wahai orang yang mencari kebaikan kemarilah; wahai orang yang mencari keburukan menyingkirlah. Hanya Allah yang dapat menyelamatkannya dari api neraka.” (HR. Tirmidzi)

Bagi umat muslim yang senantiasa memanjatkan doa puasa Ramadan serta mengamalkan perbuatan baik, akan dilipatgandakan pahalanya. Itu pun tertuang dalam hadis, “Dari Abu Hurairah ra., Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, ‘Setiap amalan anak Adam baginya kecuali puasa,

"maka sesungguhnya dia bagiā€Ku dan Aku yang membalasnya dan puasa merupakan perisai, apabila seseorang dari kamu berpuasa maka janganlah dia bercakap yang cela, bertempik dan sekalipun dimaki oleh seseorang atau diperanginya maka hendaklah berkata,

"'Sesungguhnya aku berpuasa, demi yang jiwa Muhammad di tangannya maka bau mulut orang yang berpuasa terlebih harum di sisi Allah dari bau kasturi. Bagi orang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan. Apabila berbuka dia merasa gembira dengan berbukanya dan apabila bertemu Allah Swt. dia merasa gembira dengan puasanya’.’” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah)

Pada bulan Ramadan, doa-doa yang dipanjatkan akan diijabah oleh Allah Swt. baik doa untuk kebaikan di dunia maupun doa untuk kebaikan akhirat. Itu pun tertuang dalam hadis Rasulullah Saw., “Ada tiga doa yang tidak tertolak: doa orang tua kepada anaknya, doa orang yang puasa, dan doa musafir (orang yang dalam perjalanan).” (HR. Al Baihaqi)

Tak hanya itu, ada pula hadis lain yang menyatakan bahwa doa orang yang berpuasa senantiasa diijabah oleh Allah Swt., “Tiga orang yang tidak tertolak doanya: Orang yang sedang berpuasa ketika berbuka, imam yang adil, dan orang yang terzhalimi.” (HR. At Tirmidzi)

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

X