Alhamdulillah, Arab Saudi Terima 1 Juta Muslim Berhaji Tahun Ini, Berikut Syaratnya

- Sabtu, 9 April 2022 | 22:52 WIB
Jemaah haji berkumpul di Masjidil Haram di kota suci Mekah Arab Saudi sebelum dimulainya ibadah haji tahunan di kota suci, Mekah, Arab Saudi, 7 Agustus 2019. (AFP)
Jemaah haji berkumpul di Masjidil Haram di kota suci Mekah Arab Saudi sebelum dimulainya ibadah haji tahunan di kota suci, Mekah, Arab Saudi, 7 Agustus 2019. (AFP)

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi mengatakan akan mengizinkan 1 juta Muslim dari di dalam dan di luar negeri untuk berpartisipasi dalam haji tahun ini.

Hal ini tentunya meningkat tajam setelah pembatasan pandemi memaksa dua tahun penurunan haji secara drastis.

"Kementerian Haji Arab Saudi telah memberi wewenang kepada 1 juta jemaah, baik asing maupun domestik, untuk menunaikan haji tahun ini," seperti dikutip dari Daily Sabah pada Sabtu (9/4/2022) dalam sebuah pernyataan resmi Arab Saudi.

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Haji Faisal, Doddy Sudrajat Malah Dibully Bocil

Tercatat ada sekitar 2,5 juta orang muslim ambil bagian berhaji pada 2019 lalu. Tetapi setelah dimulainya pandemi coronavirus pada tahun 2020, otoritas Saudi hanya mengizinkan 1.000 jamaah untuk berpartisipasi.

Tahun berikutnya, mereka meningkatkan total menjadi 60.000 warga yang divaksinasi lengkap dan penduduk yang dipilih.

Haji tahun ini akan berlangsung pada bulan Juli 2022, akan dibatasi untuk jemaah yang divaksinasi di bawah usia 65 tahun.

Baca Juga: Arab Saudi Mulai Hari Ini Hapus Prokes Covid-19 Hingga Karantina

Mereka yang datang dari luar Arab Saudi akan diminta untuk menyerahkan hasil PCR negatif COVID-19 dari tes yang dilakukan dalam waktu 72 jam perjalanan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X