Zakat Fitrah: Lengkap dengan Ketentuan dan Berbagai Bacaan Niat

- Selasa, 12 April 2022 | 06:50 WIB
Ilustrasi zakat fitrah sambil membaca niat berdasarkan tujuannya
Ilustrasi zakat fitrah sambil membaca niat berdasarkan tujuannya

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan atas setiap jiwa baik laki-laki maupun perempuan muslim yang dilaksanakan pada Ramadan hingga menjelang Idul Fitri. Sebagaimana hadis Ibnu Umar ra., "Rasulullah Saw. mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim;

"baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau Saw. memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk salat (Ied)." (HR. Bukhari, Muslim)

Zakat fitrah memiliki keutamaan, misal mensucikan diri setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, serta sebagai wujud kepedulian atas orang yang kurang mampu, serta membagi kebahagiaan dan kemenangan di hari raya untuk semuanya termasuk masyarakat miskin yang serbakekurangan.

Zakat fitrah pun memiliki syarat sah zakat, antara lain beragama Islam, hidup di saat bulan Ramadan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri. Besaran zakat fitrah pun berupa beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Para ulama juga membolehkan zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan satu sha’ gandum, kurma, atau beras. Nominal zakat fitrah dalam bentuk uang pun harus disesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Berdasarkan ketentuan Baznas mengenai zakat fitrah dan fidyah untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp45.000 per hari per jiwa. Terlebih, zakat fitrah dapat diberikan kepada kaum mustahik termasuk keluarga yang kesulitan akibat dampak pandemi Covid-19.

Berikut ini bacaan niat zakat fitrah sesuai dengan subjek pemberinya:

1. Niat zakat fitrah untuk diri sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

X