Ajaran Rasulullah bagi Umat Muslim di Bulan Ramadan 2022

- Selasa, 12 April 2022 | 07:40 WIB
Ilustrasi umat muslim beribadah dengan ikhlas sesuai ajaran Rasulullah Saw.
Ilustrasi umat muslim beribadah dengan ikhlas sesuai ajaran Rasulullah Saw.

Bulan Ramadan 2022 sangat dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Terlebih, setiap amalan yang dikerjakan akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Tentu, puasa Ramadan menjadi salah satunya yang mengharuskan umat muslim menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah ini.

Tak hanya puasa, umat muslim juga dianjurkan mengamalkan banyak perbuatan baik. Itu pun telah dicontohkan Rasulullah Saw. dalam menjalani ibadah puasa Ramadan. Termasuk, hal-hal yang sangat penting dan harus diketahui para umat yang mengikutinya.

Dalam sebuah hadis, keutamaan amalan-amalan Rasulullah Saw. di bulan Ramadan 2022 adalah sebagai berikut, "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu.

"Di dalamnya, terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya, berarti dia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)." (HR. Ahmad)

Tak hanya itu, hadis lain pun dibahas seperti berikut, “Apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis-hadis tersebut, umat muslim yakin bahwa banyak keberkahan didapatkan di bulan Ramadan. Jika menginginkanya, umat muslim harus mencapainya dengan banyak beribadah, bersedekah, dan berbuat baik kepada orang lain.

Dalam memahami hadis, umat muslim tentu mengetahui setiap perkataan Rasulullah Saw. adalah seruan bagi umatnya untuk senantiasa melakukan amalan demi kebaikannya di dunia dan akhirat. Adapun larangan Rasulullah Saw. yang menjadi pengingat bagi umatnya supaya tidak tersesat di jalan yang menyimpang dari syariat Islam.

Maka dari itu, umat muslim dapat mengikuti ajaran Rasulullah Saw. yang dijelaskan dalam berbagai hadis mengenai amalan di bulan Ramadan 2022:

1. Beribadah dengan ikhlas

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

X