Hukum Puasa Ramadan bagi Orang yang Melakukan Perjalanan Jauh, Termasuk Mudik

- Kamis, 21 April 2022 | 11:34 WIB
Ilustrasi umat Islam menunaikan puasa Ramadan ketika perjalanan jauh pada Ramadan 2022
Ilustrasi umat Islam menunaikan puasa Ramadan ketika perjalanan jauh pada Ramadan 2022

Puasa Ramadan adalah amalan yang dilakukan dengan niat yang baik dan dianjurkan bagi umat Islam. Namun, dalam beberapa kondisi tertentu seseorang boleh tidak berpuasa atau membatalkannya.

Para ulama menyatakan bahwa melaksanakan puasa Ramadan ketika perjalanan jauh, seperti mudik, itu sebenarnya diperbolehkan.

Namun, jika mengerjakan puasa Ramadan ketika perjalanan jauh malah mempersulit hidup seseorang saat itu, orang itu pun seharusnya tidak berpuasa atau membatalkannya.

Berbeda halnya dengan perjalanan hanya ditempuh dalam puluhan menit atau satu jam melalui pesawat terbang. Orang itu harus melanjutkan puasa Ramadan hingga waktu berbuka puasa atau waktu Magrib.

Diyakini makin banyak kesulitan dalam kehidupan seseorang, akan banyak pula kemudahan yang diberikan Allah Swt. sesuai syariat Islam. Sebab, Allah Swt. tidak pernah menyulitkan para umatnya.

Berlaku pula dengan wanita muslim yang sedang dalam perjalanan jauh. Mereka boleh berbuka puasa ketika perjalanan jauh.

Jika orang itu berniat menetap di tempat yang menjadi tujuan perjalanannya, atau kembali ke kampung halaman (mudik), orang itu harus melakukan puasa Ramadan.

Jika orang itu kembali ke kampung halaman pada malam hari padahal besoknya bulan Ramadan, wajib baginya melaksanakan puasa Ramadan.

Namun, jika orang itu sampai di kampung halaman pada siang hari dan dalam keadaan berbuka puasa, tidak wajib baginya melaksanakan puasa Ramadan di sisa hari  itu.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X