Inilah Bacaan Doa Hari Raya Idul Fitri yang Diamalkan Umat Muslim

- Minggu, 24 April 2022 | 14:06 WIB
Ilustrasi umat muslim membaca doa ketika bersilaturahmi pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H
Ilustrasi umat muslim membaca doa ketika bersilaturahmi pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Hari Raya Idul Fitri 1443 H sangatlah penting bagi umat muslim. Setelah menunaikan puasa Ramadan 2022 sebulan penuh dengan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, ada nilai penting yang dapat diterapkan oleh umat muslim.

Momen puasa Ramadan maupun Hari Raya Idul Fitri dijadikan waktu yang tepat memohon ampunan dari Allah Swt. atas segala kesalahan yang diperbuat seseorang di masa lalu.

Tak hanya itu, bacaan doa Hari Raya Idul Fitri pun dapat dipanjatkan untuk meraih keberkahan dari Allah Swt.

Adapun rangkaian doa yang dapat dibaca untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. selain mengingatkan diri agar bersyukur atas segala hal yang dimiliki.

Doa Menyambut Idul Fitri 1443 H

Hari Raya Idul Fitri selalu disambut dengan rasa suka cita bagi umat muslim, sebab rasa itu termasuk sikap menghidupkan malam hari raya Islam.

Itu pun tertuang dalam sabda Rasulullah Saw., “Barangsiapa menghidupkan malam Hari Raya, maka Allah akan menghidupkan hatinya pada hari di mana banyak hati yang telah mati.” (HR. Imam Tabrani)

Hati yang dihidupkan oleh Allah Swt. tentu adalah perasaan yang diharapkan banyak orang. Sebab, kebahagiaan yang diberikan Allah Swt. itu memiliki nilai yang tak ternilai.

Malam hari raya pun diyakini merupakan malam yang diterima doa-doanya oleh Allah Swt. Itu pun tertuang dalam hadis Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Imam Syafi’i.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X