Inilah Hukum Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H bagi Umat Muslim

- Selasa, 26 April 2022 | 14:01 WIB
Ilustrasi umat muslim mengucapkan selamat hari raya setelah salat Idul Fitri 1443 H
Ilustrasi umat muslim mengucapkan selamat hari raya setelah salat Idul Fitri 1443 H

Hari Raya Idul Fitri 1443 H biasanya diikuti dengan tradisi bersalaman dan ucapan selamat dari seorang muslim ketika bertemu dengan para saudaranya dengan perkataan: “taqabbalallahu minna wa minkum.”

Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini pun pernah ditanyakan kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah ra. dalam Majmu’ Al Fatawa. Bahwa, tidak ada asal usulnya ucapan selamat hari raya dalam syariat Islam.

Diriwayatkan dari Al Imam Ahmad ra., bahwa “Aku tidak (pernah) memulai mengucapkannya kepada seseorang. Namun, jika ada yang lebih dahulu mengucapkannya kepadaku, aku pun menjawabnya karena menjawab tahiyyah itu wajib.”

Ucapan tahni`ah berupa ‘taqabbalallahu minna wa minkum’ pun bukanlah sunah yang diperintahkan tapi juga tidak dilarang. Mereka yang melakukannya, telah memiliki, dan begitu pula dengan yang meninggalkannya.

Contoh yang dimaksudkan tahiyyah oleh Imam Ahmad ra. adalah firman Allah Swt. dalam surat An Nisa ayat 86, “Dan apabila kalian diberi ucapan salam penghormatan, maka jawablah dengan yang lebih baik darinya atau balaslah dengan yang semisalnya.”

Adapun beberapa pendapat dari ahli agama mengenai hukum ucapan selamat hari raya pada Idul Fitri 1443 H:

Al Baihaqi menyatakan, “Bab berisi riwayat tentang ucapan selamat ketika hari Id dengan kata-kata taqabballahu minna wa minka.”

Sementara, dari Khalid bin Ma’dan mengatakan, ‘“Aku berjumpa dengan Watsilah bin Al Asqa pada hari Id lantas kukatakan taqabbalallu minna wa minka.’ Jawaban beliau, ‘Na’am, taqabbalallahu minna wa minka.’ Watsilah lantas bercerita bahwa beliau berjumpa dengan Rasulullah pada hari Id lalu beliau mengucapkan, ‘Taqabbalallu minna wa minka.’ Jawaban Rasulullah, ‘Na’am, taqabbalallahu minna wa minka.’”

Abu Saad al Maliyani pun meriwayatkan dengan sanad serupa ke Watsilah bin Al Asqa, “Aku berjumpa dengan Rasulullah pada hari Id lalu kukatakan, ‘Taqabbalallu minna wa minka.’ Jawaban Rasulullah, ‘Na’am, taqabbalallahu minna wa minka.’”

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X