Salat Idul Fitri 1443 H, Ketahui Keutamaannya yang Luar Biasa Ini

- Sabtu, 30 April 2022 | 15:20 WIB
Ilustrasi keutamaan salat Idul Fitri 1443 H bagi umat Islam
Ilustrasi keutamaan salat Idul Fitri 1443 H bagi umat Islam

Tepat pada 1 Syawal, umat Islam akan melaksanakan salat Idul Fitri sebagai wujud rasa syukur setelah menunaikan puasa Ramadan sebulan penuh. Keutamaan salat Idul Fitri pun sangatlah luar biasa sesuai syariat Islam.

Salat Idul Fitri tak jauh berbeda dengan salat malam sebelum tidur, salat Subuh, salat tahajud, salat tarawih berjamaah, serta salat lailatul qadar. Sama halnya dengan perintah Allah Swt. mengenai pemakaian dan menjaga jilbab, pergaulan dengan lawan jenis, melaksanakan wudu, dan menikah.

Perintah itulah yang memiliki keutamaan sekaligus makna yang patut diresapi dalam diri seorang muslim Hikmahnya akan selalu ada bagi mereka yang berpikir.

Dalam hukum pelaksanaan salat Idul Fitri, ada perbedaan pendapat dari para ulama, yaitu sunah muakkad, fardu kifayah, fardu ‘ain.

Sunah muakkad adalah sunah yang sangat dianjurkan atau ditekankan. Sebab, salat Idul Fitri hanya dilaksanakan setahun sekali dan termasuk serangkaian ibadah di bulan Ramadan. Pendapat ini pun berasal dari mayoritas ulama.

Sementara, fardu kifayah adalah hukum yang bersifat wajib bagi umat muslim secara kesatuan. Karena sifat fardu kifayah itulah, jika sebagian besar umat islam sudah melaksanakannya, sudah cukup. Pendapat ini pun berasal dari Imam Mahzab Hambali.

Fardhu ‘ain adalah hukum ibadah yang wajib bagi setiap muslim. Jika tidak melakukannya, akan berdosa. Pendapat ini pun berasal dari Imam Mahzab Hanafi dan riwayat Imam Ahmad.

Salat Idul Fitri 2 rakaat dilaksanakan sebagai perayaan hari kemenangan umat Islam. Sebagaimana riwayat dari Umar ra. Salat Idul Fitri pun dilaksanakan secara sempurna tanpa qashar.

Salat Idul Fitri dilaksanakan ketika matahari seukuran satu rombak hingga tergelincir. Sebagaimana ijma dari ulama dan pertimbangan dari hadis-hadis. Syaikh Abu Bakar Al Jazairi pun mengatakan bahwa Rasulullah Saw. mengawalkan salat Idul Adha, tapi salat Idul Fitri diakhirkan.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Bertobat yang Perlu Diketahui

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:33 WIB

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X