Puasa Syawal 1443 H: Bacaan Niat, Tata Cara dan Waktu Pelaksanaan

- Kamis, 5 Mei 2022 | 14:30 WIB
Ilustrasi umat Islam melaksanakan puasa Syawal setelah hari raya Idul Fitri 1443 H
Ilustrasi umat Islam melaksanakan puasa Syawal setelah hari raya Idul Fitri 1443 H

Selepas menunaikan puasa Ramadan 1 bulan penuh serta merayakan kemenangan di Idul Fitri 1443 H pada awal bulan Syawal, umat Islam dianjurkan melaksanakan puasa Syawal sebagai amalan sunah.

Hukum puasa Syawal adalah sunah, artinya lebih baik dikerjakan karena mendapatkan pahala. Namun jika tidak dikerjakan, tidak pula berdosa.

Puasa Syawal biasanya dikerjakan sehari setelah hari raya Idul Fitri hingga berakhirnya bulan Syawal. Jumlah puasa Syawal yang disunahkan adalah 6 hari, tapi pahalanya seperti puasa 1 tahun penuh.

Itu pun tertuang dalam sebuah hadis Rasulullah Saw. bahwa, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

Adapun hadis Imam Bukhari yang dikutip oleh Syekh Muhammad Nawawi Al Bantani, “Keempat adalah (puasa sunah 6 hari di bulan Syawal) berdasarkan hadis, ‘Barangsiapa yang berpuasa Ramadan, lalu mengiringinya dengan 6 hari puasa di bulan Syawal, dia seakan puasa setahun penuh.’”

Bahkan, ada pula hadis lain yang menyebutkan bahwa, “Puasa sebulan Ramadan setara dengan puasa sepuluh bulan, sedangkan puasa 6 hari di bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Semua itu seakan setara dengan puasa (wajib) setahun penuh.”

Puasa sunah 6 hari di bulan Syawal lebih baik dikerjakan secara berturut, dan waktunya yang paling baik adalah pada 2 hingga 7 Syawal, atau persisnya setelah hari raya Idul Fitri.

Meski disebut puasa Syawal, umat Islam dilarang mengerjakan puasa Syawal pada 1 Syawal yang bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, karena hukumnya haram.

Dasar pelarangan itu tertuang dalam hadis Muttafaq Alaih dari Abi Sa'id Al Khudri, “Rasulullah Saw. melarang puasa di dua hari, hari (idul) Fitri dan hari Kurban.”

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X