Bacaan Doa ketika Menggunakan Skincare Menurut Syariat Islam

- Kamis, 5 Mei 2022 | 16:15 WIB
Ilustrasi muslim perempuan menerapkan doa ketika menggunakan skincare
Ilustrasi muslim perempuan menerapkan doa ketika menggunakan skincare

Bagi perempuan, berhias adalah hal penting agar tampak lebih indah dan penuh daya tarik, salah satunya dengan menggunakan skincare ataupun bedak.

Menurut Abdul Fattah As Samman, berhias sejatinya adalah perintah Allah Swt. dan sunah para nabi.

Dalam surat Al A’raf ayat 31, Allah Swt. berfirman, “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Islam adalah agama yang sempurna, sebab mengajarkan kepada umatnya cara berhias yang sesuai dengan syariat yang baik, apalagi bagi perempuan.

Meski Islam melarang berhias berlebihan, menggunakan skincare atau bedak diperbolehkan agar tampak lebih baik rupanya asalkan penerapannya tidak tebal dan mencolok.

Dalam surat Al Ahzab ayat 33, Allah Swt. pun berfirman, “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu.”

Amalan doa ketika menggunakan skincare bertujuan untuk membukakan aura kecantikan sebab wajah orang yang mengamalkannya akan bercahaya dan memesona.

Doa ketika menggunakan skincare pun diterapkan sebagai wirid di kehidupan shari-hari, karena bersifat ringan tanpa puasa atau syarat tertentu.

Dalam surat Al A’raf ayat 32, Allah Swt. berfirman, “Katakanlah: ‘Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pula yang mengharamkan) rezeki yang baik?’

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

X