Doa Belajar yang Dapat Diamalkan Menurut Syariat Islam agar Ilmunya Tak Mudah Hilang

- Kamis, 5 Mei 2022 | 18:54 WIB
Ilustrasi seorang muslim mengamalkan doa belajar sebelum belajar menuntut ilmu
Ilustrasi seorang muslim mengamalkan doa belajar sebelum belajar menuntut ilmu

Pelajar memiliki misi di sekolah, antara lain memahami dan mempelajari materi yang diajarkan, mengerjakan tugas yang diberikan, serta mempelajari kembali materi yang diajarkan dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Belajar adalah proses yang dilakukan setiap orang untuk mendapatkan bentuk perubahan keterampilan, pengetahuan, kebiasaan, sikap, dan nilai positif dari berbagai materi yang telah dipelajari ke arah yang lebih baik.

Belajar harus disertai dengan doa, sebab doa memiliki keutamaannya sendiri. Doa yang telah sampai ke langit, tidak akan pernah hilang dan akan kembali membawa jawaban pada saat yang tepat.

Ketika belajar, sebaiknya terlebih dahulu berdoa supaya dipermudah dalam mencari ilmu. Membaca doa belajar juga dapat dilakukan sebelum dan setelah belajar.

Dalam surat Al Mujadalah ayat 11, Allah Swt. pun berfirman, “Allah akan menaikkan derajat orang-orang yang beriman di antaramu serta orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat di atasnya.”

Sementara, Rasulullah Saw. bersabda, “Apabila seseorang sudah meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang saleh.” (HR. Muslim)

Doa Belajar

Seorang muslim dapat mengamalkan doa baik sebelum belajar maupun setelah belajar agar ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Doa Sebelum Belajar

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X