Doa Jenguk Orang Sakit Beserta Adab dan Keutamaannya Menurut Syariat Islam

- Jumat, 6 Mei 2022 | 16:05 WIB
Ilustrasi umat muslim menjenguk muslim lain yang sedang sakit sambil membaca doa jenguk orang sakit
Ilustrasi umat muslim menjenguk muslim lain yang sedang sakit sambil membaca doa jenguk orang sakit

Menjenguk orang sakit merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat Islam dan diyakini akan mendapatkan pahala yang sangat besar.

Itu pun tertuang dalam hadis riwayat dari Ali ra. bahwa, “Tidaklah seorang muslim menjenguk saudaranya muslim (yang sedang sakit) di pagi hari melainkan dirinya akan didoakan oleh 70 ribu malaikat hingga petang.

“Dan jika dia menjenguk di sore hari, dirinya akan didoakan oleh 70 ribu malaikat hingga pagi. Dan baginya kebun di tengah surga.” (HR. Tirmidzi, dishahihkan oleh Al Albani)

Adapun hadis lain yang menyebutkan bahwa, “Jika seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), seolah dia berjalan sambil memetik buah surga sehingga dia duduk, jika sudah duduk diturunkan kepadanya rahmat dengan deras.

“Jika menjenguknya di pagi hari, 70 ribu malaikat mendoakannya agar mendapatkan rahmat hingga sore hari. Jika menjenguknya di sore hari, 70 ribu malaikat akan mendoakannya agar diberi rahmat hingga pagi tiba.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad)

Adab Jenguk Orang Sakit

Berikut ini adab yang sebaiknya dilakukan ketika menjenguk orang sakit, antara lain:

1. Ikhlas karena Allah Swt.

Dalam surat Al Anam ayat 162, “Katakanlah sesungguhnya salatku, sembelihanku, kehidupanku, dan matiku hanyalah untuk Allah Swt.”

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

X