Inilah Doa ketika Hujan dalam Bahasa Arab dan Latin Beserta Artinya

- Jumat, 6 Mei 2022 | 17:54 WIB
Ilustrasi waktunya memanjatkan doa ketika hujan bagi umat muslim
Ilustrasi waktunya memanjatkan doa ketika hujan bagi umat muslim

Di Indonesia, hujan adalah kejadian alam yang sering terjadi sebab beriklim tropis. Hujan pun memiliki banyak manfaat bagi kebanyakan orang termasuk petani.

Namun, adakalanya hujan berdampak banjir dan bencana lainnya yang menyertai di beberapa wilayah tertentu sehingga membuat kesulitan masyarakat di wilayah tersebut.

Karena itu, hujan dapat membawa berkah ataupun berdampak bencana. Seolah hujan adalah fenomena alam yang memiliki sisi baik dan buruk bagi manusia.

Padahal dalam ajaran Islam, hujan memiliki makna yang sangat khusus. Dari definisi berkah hingga keseimbangan di dunia.

Dalam ayat Al Quran, terkandung ungkapan bahwa hujan adalah berkah. Itu pun tertuang dalam surat Qaaf ayat 9, “Dan Kami turunkan dari langit, air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.”

Dari ayat tersebut, diketahui bahwa Allah Swt. menurunkan hujan sebagai rahmat-Nya sesuai dengan kebutuhan seluruh makhluk.

Dengan hujan, segala tumbuhan kembali subur, hewan mendapatkan minum yang cukup, serta manusia dapat memenuhi kebutuhan dan beraktivitas tanpa terganggu.

Dalam surat Al Anbiya ayat 30, Allah Swt. berfirman, “Dan dari air, Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka, mengapa mereka tiada juga beriman?”

Menurut Al Baghowi, tafsir ayat tersebut adalah “Kami menghidupkan segala sesuatu menjadi hidup dengan air yang turun dari langit, yaitu menghidupkan hewan, tanaman, dan pepohonan. Air hujan itulah penyebab hidupnya segala sesuatu.”

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

X