Hukum Sedekah Melalui Transfer Online Berdasarkan Ajaran Islam

- Rabu, 11 Mei 2022 | 13:11 WIB
Ilustrasi hukum sedekah melalui transfer online menurut syariat Islam
Ilustrasi hukum sedekah melalui transfer online menurut syariat Islam

Dalam bahasa Arab, sedekah berasal dari kata sidq yang berarti kebenaran. Sementara menurut Baznas No. 2 Tahun 2016, sedekah adalah harta atau nonharta yang dikeluarkan seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk maslahat umum.

Sedekah adalah amalan yang disukai Allah Swt. Itu pun tertuang dalam berbagai ayat Al Quran yang menyebutkan sedekah, seperti pada surat Al Baqarah ayat 271.

“Jika kamu menampakkan sedekah (kamu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.

“Allah Swt. akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah Swt. mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah Saw. bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah hadis, “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). 

Sebab, meski tampak harta berkurang tapi sebenarnya kekurangan itu akan digantikan dengan pahala oleh Allah Swt. dan ditambahkan berlipat ganda.

Itu pun tertuang dalam surat Saba ayat 39, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.”

Sebagai makhluk Allah Swt. yang tak luput dari dosa, umat Islam senantiasa diberikan berbagai keistimewaan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosanya dengan cara yang diridhai-Nya, misal sedekah.

Itu pun tertuang dalam sabda Rasulullah Saw., “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At Tirmidzi)

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X