Doa Penenang Hati dalam Bahasa Arab dan Latin Beserta Artinya

- Jumat, 13 Mei 2022 | 11:38 WIB
Ilustrasi mengamalkan doa penenang hati untuk memohon hikmah atau petunjuk atas musibah yang dihadapi di dunia
Ilustrasi mengamalkan doa penenang hati untuk memohon hikmah atau petunjuk atas musibah yang dihadapi di dunia

Berdoa adalah salah satu bentuk komunikasi antara manusia dan sang pencipta. Cara terbaik mendapatkan kedamaian adalah dengan mengungkapkan isi hati, bersyukur, serta mengingat kuasa Allah Swt. yang luar biasa.

Tak hanya itu, berdoa adalah menempatkan diri di hadapan Allah Swt. dan mengakui diri sebagai makhluk ciptaan-Nya.

Dalam Islam, manusia harus bersabar dan berusaha menyelesaikan masalah serta berdoa kepada Allah Swt. supaya hatinya menjadi tenang atas cobaan yang dihadapi.

Adapun kalimat thayyibah yang merupakan kalimat-kalimat kebaikan yang diamalkan untuk mendapatkan pahala dari Allah Swt.

Kalimat thayyibah tersebut antara lain kalimat hamdalah, kalimat takbir, kalimat istigfar, kalimat tasbih, dan kalimat tahlil.

Lafaz kalimat hamdalah adalah  اَلْحَمْدُلِلّهِ  (Alhamdulillah) yang artinya segala puji bagi Allah Swt. Sementara, lafaz kalimat takbir adalah اَللّهُ اَكْبَرُ (Allahuakbar) yang artinya Allah Maha Besar.

Lafaz kalimat istigfar adalah اَسْتَغْفِرُ اللَّهَ (Astaghfirullah) yang artinya aku memohon ampunan kepada Allah Swt. Sementara, lafaz kalimat tasbih adalah سُبْحَانَ اللّهُ (Subhanallahu) yang artinya Maha Suci Allah.

Terakhir, lafaz kalimat tahlil adalah لآإِلَهَ إِلاَّ اللهُ (Lailahaillahu) yang artinya tiada tuhan selain Allah.

Kalimat thayyibah ini pun umumnya dibaca ketika berzikir mengingat akan kebesaran Allah Swt. Amalan ini dianjurkan bagi umat muslim agar mendapatkan pahala dan selalu dalam lindungan-Nya.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X