Istri Keluar Rumah Tanpa Izin Suami, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

- Kamis, 19 Mei 2022 | 10:58 WIB
Bahaya pasangan suami istri jika tidak tidur satu kamar. (Foto oleh Flora Westbrook dari Pexels)
Bahaya pasangan suami istri jika tidak tidur satu kamar. (Foto oleh Flora Westbrook dari Pexels)

HARIANHALUAN - Bagaimana hukum istri keluar rumah tanpa izin suami menurut Islam? Pertanyaan seputar hal tersebut memang kerap diperdebatkan oleh sebagian umat muslim.

Banyak yang menyatakan bahwa hal itu termasuk bentuk pembangkangan seorang istri terhadap sang suami. Namun tak jarang ada yang memperbolehkan seorang istri keluar rumah tanpa izin suami dengan alasan yang jelas tanpa mendatangkan mudharat. Lantas, bagaimana hukum yang sebenarnya menurut syari’at Islam?.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Membaca Surat Yasin di HP tanpa Wudhu? Ini Penjelasannya

Dilansir dari laman NU melalui INews.id, Kamis, 19 Mei 2022, hukum istri keluar rumah tanpa seizin suami menurut syari’at Islam ternyata tidak diperbolehkan.
Terlebih jika dapat mendatangkan mudharat, maka tindakan tersebut bisa digolongkan sebagai bentuk pembangkangan seorang istri terhadap suami atau nusyuz.

Hal ini didasarkan pada kitab al-Fiqh al-Manhaji yang menjelaskan bahwa istri bisa dianggap nusyuz apabila keluar rumah atau bepergian tanpa seizin suami, tidak membukakan pintu bagi suami yang hendak masuk, dan menolak ajakan suami untuk berhubungan badan tanpa uzur yang jelas, seperti sakit atau menstruasi.

Baca Juga: Kutip Hadis Nabi Muhammad, Ini Janji Joe Biden kepada Umat Islam Jika Jadi Presiden AS

Meskipun demikian, istri tidak harus terus menerus meminta izin ketika hendak keluar rumah dimana jika diyakini bahwa suami pasti rela, maka hal itu bisa dianggap sebagai izin.

Lalu, bagaimana hukum istri yang keluar rumah tanpa izin suami karena hendak menjenguk orang tuanya?

Dalam kitab Fathul Qadir telah dijelaskan bahwa ketika orang tua si istri, baik muslim maupun non muslim menderita penyakit kronis dan membutuhkan bantuan perawatan sedangkan sang suami melarangnya untuk keluar rumah, maka istri berhak membangkang larangan sang suami tersebut.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X