Doa Setelah Azan, Lengkap Berbahasa Arab dan Latin Beserta Artinya

- Minggu, 22 Mei 2022 | 14:59 WIB
Ilustrasi membaca doa setelah azan bagi umat Islam
Ilustrasi membaca doa setelah azan bagi umat Islam

Azan adalah panggilan ibadah bagi umat Islam untuk melaksanakan salat fardu. Azan dikumandangkan oleh muazin dari masjid setiap memasuki lima waktu salat. Azan pun berasal dari adzina yang berarti mendengar atau diberitahukan.

Menurut ulama fiqih, azan adalah pemberitahuan atau seruan sebagai pertanda masuknya waktu salat dengan bacaan yang telah ditentukan.

Atau, azan adalah panggilan bagi umat muslim untuk melaksanakan salat sekaligus sebagai syiar ajaran Islam.

Seiring meluasnya penggunaan pengeras suara di seluruh Indonesia, Kemenag telah menerbitkan Instruksi Dirjen Bimas Islam tahun 1978 tentang Tuntunan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Langgar, dan Musala.

Termasuk, untuk azan, iqamah, membaca ayat Al Quran, membaca doa, dan peringatan hari besar Islam sehingga diharapkan menimbulkan kegairahan beragama dan menambah syiar kehidupan keagamaan.

Umat muslim pun perlu mengetahui jadwal salat, sebab salat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang harus dilaksanakan tepat waktu.

Pada jadwal salat, terdapat waktu imsak, terbit, dan Dhuha, serta waktu masuknya azan untuk salat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya.

Doa setelah azan hukumnya sunah, yang sebaiknya dibaca umat Islam sehabis mendengarkan panggilan salat lima waktu ini. Dalam sebuah hadis, “Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara azan dan iqamah, maka berdoalah (kala itu).” (HR. Ahmad)

Adapun hadis yang diriwayatkan Jabir bin Abdillah, “Barangsiapa yang berdoa setelah mendengar azan, ‘Ya Allah, Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini dan Pemilik salat yang akan didirikan ini.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X