Doa untuk Bayi Baru Lahir Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

- Minggu, 22 Mei 2022 | 18:59 WIB
Ilustrasi membaca doa untuk bayi baru lahir bagi umat muslim
Ilustrasi membaca doa untuk bayi baru lahir bagi umat muslim

Anak adalah salah satu kebahagiaan bagi keluarga apalagi anak saleh maupun salehah. Dari kisah Rasulullah Saw., anak harus dididik dengan cara yang benar agar selalu berada di jalan-Nya, termasuk membaca doa untuk bayi baru lahir.

Ketika anak terlahir ke dunia, hendaknya umat muslim memanjatkan doa untuk bayi baru lahir sebagai wujud syukur dan harapan terhadap masa depan si anak.

Itu pun tertuang dalam sebuah hadis tentang doa untuk bayi baru lahir. Dari Asma’ binti Abu Bakar ra., dia berkata, “Aku hamil Abdullah bin Al Zubair. Aku keluar berhijrah ke Madinah. Dan tiba di Quba’. Aku melahirkannya.

“Kemudian, aku membawanya kepada Rasulullah Saw. Aku menaruh anakku di pangkuannya. Beliau minta kurma, lalu mengunyahnya.

“Kemudian, mengoleskannya di mulut Ibnu Al Zubair sehingga yang pertama kali masuk ke perutnya adalah ludah Rasulullah Saw. yang bercampur dengan kurma itu.

“Kemudian, beliau mendoakan kebaikan dan keberkahan kepadanya. Abdullah bin Zubari adalah anak yang pertama kali terlahir dalam Islam.” (HR. Bukhari)

Dari Abu Musa ra., dia berkata, “Terlahir anak laki-lakiku. Lalu, aku bawa kepada Nabi Muhammad Saw. Beliau menamainya dengan Ibrahim.

“Beliau mentahniknya dengan sebutir kurma dan mendoakan keberkahan untuknya. Beliau menyerahkannya kepadaku. Dia adalah anak terbesar Abu Musa ra.” (HR. Bukhari)

Diriwayatkan dari Ayyub As Sikhtiyani, bahwa beliau ketika mendengar kabar ada tetangga yang memiliki anak, beliau mendoakan:

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X