Alif Lam Qamariah dalam Hukum Tajwid, Cara Baca dan Contohnya

- Selasa, 24 Mei 2022 | 19:21 WIB
Ilustrasi menerapkan alif lam qamariah dalam hukum tajwid pada ayat Al Quran
Ilustrasi menerapkan alif lam qamariah dalam hukum tajwid pada ayat Al Quran

Secara garis besar, hukum tajwid dipelajari umat Islam untuk mengetahui cara membaca ayat-ayat Al Quran dengan baik dan benar.

Hukum tajwid pada dasarnya berasal dari bahasa Arab jawadda yang berarti ‘mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat pada setiap huruf’.

Dalam hukum tajwid, terdapat alif lam qamariah. Pada dasarnya, Al Qamariah dikenal sebagai izhar qamariah. Al Qamariah harus dibaca jelas dan terang, kelihatan bacaan lam sukunnya.

Pada alif lam qamariah, alif lam dirangkaikan dengan salah satu huruf qamariah sehingga dibaca jelas. Huruf qamariah diketahui berjumlah 14.

Al Qamariah adalah Al yang dirangkaikan dengan kata benda yang diawali dengan salah satu huruf qamariah. Qamariah sendiri berarti bulan.

Dilansir dari buku Kiat Jitu Hafal Al Quran karya El Hosniah, alif lam qamariah adalah bacaan yang terjadi jika alif lam sukun (ال) bertemu dengan salah satu huruf qamariah sehingga cara membacanya adalah jelas atau izhar.

Daftar huruf qamariah antara lain ا (alif), ب (ba) ج (jim) ح (ha) خ (kha) ع ('ain) غ (ghain) ف (fa) ق (qaf) ك (kaf) م (mim) و (wau) ه (ha) ي (Ya)

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam untuk SMP VII karya Rachmat, dkk., berikut alif lam qamariah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Huruf alif lam pada suatu ayat berharakat sukun (mati)
  2. Huruf setelah al, tidak terdapat harakat tasydid
  3. Huruf alif lam akan dibaca dengan jelas

Contoh Alif Lam Qamariah

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X