Doa Nabi Yunus Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

- Rabu, 25 Mei 2022 | 16:17 WIB
Ilustrasi membaca doa Nabi Yunus bagi umat Islam agar mendapatkan kebaikan dari Allah Swt.
Ilustrasi membaca doa Nabi Yunus bagi umat Islam agar mendapatkan kebaikan dari Allah Swt.

Umat Islam memercayai kisah para nabi dan rasul sebagai acuan pembelajaran di kehidupan sehari-hari. Sebab, keteladanan mereka adalah salah satu bukti kebesaran Allah Swt., termasuk doa Nabi Yunus yang diyakini mengandung banyak manfaat.

Para ulama sering membaca doa Nabi Yunus setelah melaksanakan salat subuh sebanyak 40 kali. Bahkan, ada pula orang yang berzikir dan membaca doa Nabi Yunus hingga 1.000 kali sebagai permohonan ampunan dan bekal amalan di akhirat nanti.

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqash bahwa, jika membaca doa Nabi Yunus sebanyak 40 kali ketika sakit lalu meninggal, orang itu akan mendapatkan pahala layaknya orang mati syahid. (HR. Al Hakim)

Doa Nabi Yunus adalah wujud pengakuan manusia atas dosa-dosa dan terhadap kekuatan Allah Swt. sebagai Tuhan Maha Esa.

Adapun keistimewaan yang terkandung dalam doa Nabi Yunus antara lain pengakuan tauhid, percaya akan keagungan Allah Swt., dosa-dosa, serta permohonan ampunan kepada Allah Swt.

Itu pun tertuang dalam ayat Al Quran dan sabda Rasulullah dalam sebuah hadis, yaitu surat Al Anbiya ayat 87 hingga 88 serta hadis riwayat Tirmidzi.

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka dia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap:

“‘Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.’

“Maka, Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya daripada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiya: 87-88)

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X