Apa Itu Salat Gaib? Inilah Bacaan Niat, Waktu, dan Tata Cara Pelaksanaan

- Kamis, 2 Juni 2022 | 15:40 WIB
Ilustrasi melaksanakan salat gaib bagi umat Islam
Ilustrasi melaksanakan salat gaib bagi umat Islam

Salat gaib adalah ibadah yang dilaksanakan umat Islam bagi jenazah baik laki-laki maupun perempuan, tanpa adanya mayat di hadapannya.

Sama halnya dengan salat jenazah, salat gaib memiliki tujuan untuk mendoakan mayat agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Swt.

Salat gaib biasanya dilaksanakan setelah meyakini seseorang telah meninggal dunia dan siap dilaksanakan salat terhadapnya. Salat jenazah pun dapat dilaksanakan di kubur beberapa hari setelah kematiannya.

Itu pun tertuang dalam hadis berikut: diriwayatkan dari Asy Sya’bi, “Sesungguhnya Rasulullah Saw. pernah salat atas suatu kubur setelah dikubur, lalu beliau takbir empat kali. (HR. Muslim)

Salat gaib dilaksanakan dalam satu rakaat dengan empat takbir tanpa rukuk dan sujud. Pada masing-masing takbir, terdapat bacaannya sendiri yang harus dilafalkan.

Pada dasarnya, salat gaib dan salat jenazah memiliki tujuan yang sama, yaitu mendoakan orang yang telah meninggal.

Bedanya hanyalah ada dan tidaknya jenazah di hadapan orang yang salat atasnya dan niatnya. Keduanya pun dapat dilaksanakan baik sendiri maupun berjamaah.

Bahkan, Rasulullah Saw. dan para sahabat pernah melaksanakan salat gaib ketika Raja Najasyi meninggal dunia.

Salat gaib dapat menjadi pilihan ketika salat jenazah tidak dapat diterapkan. Contohnya, korban tenggelam dan belum ditemukan selama berhari-hari atau korban terinfeksi virus COVID-19.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X