Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara Pelaksanaan dan Manfaatnya untuk Tubuh

- Jumat, 3 Juni 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi puasa Senin Kamis bagi umat Islam
Ilustrasi puasa Senin Kamis bagi umat Islam

Menurut ajaran Islam, puasa adalah ibadah yang yang dilaksanakan dengan menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa, dari terbitnya matahari hingga matahari tenggelam dengan diawali niat yang tercantum dalam Al Quran.

Puasa hukumnya wajib atau sunah. Puasa wajib dikerjakan ketika bulan Ramadan selama sebulan penuh dan merupakan firman Allah Swt. Sementara, puasa sunah dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan jika tidak dikerjakan, tidak mendapatkan dosa dan pahala.

Salah satu puasa sunah adalah puasa senin kamis yang dikerjakan setiap minggunya. Bahkan, Rasulullah Saw. sering mengerjakan puasa senin kamis.

Diriwayatkan dari Aisyah ra., “Rasulullah Saw. selalu menunggu-nunggu saat berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Ahmad)

Sebab, hari Senin adalah waktu amalan umat diperiksa oleh malaikat. Jika seseorang sedang berpuasa, malaikat tentu akan mencatat amalan baik tersebut, dan semoga amalan buruk berkurang karena puasa senin kamis.

Rasulullah Saw. menegaskan agar umatnya melaksanakan puasa senin kamis. Beliau pun jarang meninggalkan puasa senin kamis, sebab banyaknya syafaat yang didapatkan dari puasa senin kamis.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X