Inilah Hukum bagi Orang yang Tidak Bayar Zakat

- Senin, 6 Juni 2022 | 13:59 WIB
Lupa Bayar Zakat Fitrah? Ini Hal yang Harus Dilakukan (Unsplash.com/Jackson David)
Lupa Bayar Zakat Fitrah? Ini Hal yang Harus Dilakukan (Unsplash.com/Jackson David)

HARIANHALUAN - Zakat merupakan kewajiban yang harus segera ditunaikan setiap Muslim. Zakat mal ditunaikan saat mencapai nisab dan haul, sementara zakat fitrah ditunaikan saat Ramadan.

Lantas, bagaimana jika seorang Muslim menunda, menahan, atau bahkan tidak membayar zakat?.

Baca Juga: Yuk Intip Perkiraan Zakat Mal yang Dikeluarkan Ahmad Sahroni hingga Raffi Ahmad

Bobby Herwibowo mengatakan haram hukumnya bagi seorang wajib zakat (muzakki) untuk menunda, menahan, apalagi tidak bayar zakat. Ancaman Allah amat keras bagi mereka yang enggan membayar zakat. Sebagaimana firman Allah:

"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih." (QS At-Taubah: 34).

Baca Juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

"(Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung, dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (QS At-Taubah: 35)

"Dalam ayat tersebut, jelas bahwa orang yang menunda, menahan, atau tidak menafkahkan hartanya (membayar zakat) maka akan mendapat siksaan di neraka Jahanam," kata Ustaz Bobby dikutip dari INews.id, Senin, 6 Juni 2022.

Lantas bagaimana bila muzakki menunda pembayaran zakat mal? Alasannya menunggu Ramadan karena berharap pahala lebih banyak.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X