Apakah Rum dan Rum Butter Halal? Inilah Penjelasan MUI.

- Selasa, 7 Juni 2022 | 15:50 WIB
Ilustrasi titik kritis halal pada rum butter
Ilustrasi titik kritis halal pada rum butter

Dalam membuat kue, tentu tak terlepas dari bahan-bahan kue yang diperlukan untuk membuat citarasa kue menjadi lebih enak, gurih, dan harum. Misalnya, mentega, margarin, butter, rum butter, dan baking soda.

Pada dasarnya, butter adalah nama lain dari mentega. Sementara, rum butter berasal dari bahasa Belanda, roomboter yang berarti mentega. Rum butter pun sebenarnya adalah butter atau mentega.

Namun, ada hal yang membedakan antara rum butter dengan jenis mentega lainnya, yaitu kualitas menteganya.

Tekstur rum butter sangatlah lembut dan aromanya lebih manis. Itulah mengapa rum butter dijadikan bahan kue premium yang memiliki citarasa lebih enak.

Mentega terbuat dari krim susu atau lemak hewani. Kebanyakan berasal dari susu sapi, domba, kambing, ataupun kerbau.

Tekstur mentega pun lebih lembek dan mudah meleleh ketimbang margarin. Mentega biasanya digunakan dalam pembuatan kue kering.

Sementara, margarin terbuat dari lemak nabati. Teksturnya pun lebih padat, dan margarin sering kali digunakan dalam pembuatan kue basah.

Mentega memiliki kandungan 8 gram lemak jenuh dan kolesterol tinggi, karena terbuat dari lemak hewani. Sementara, margarin memiliki kandungan kolesterol dan 5 gram lemak jenuh.

Selain itu, mentega berwarna lebih pucat. Sementara, margarin berwarna lebih kuning terang. Aroma mentega juga lebih harum karena terbuat dari susu. Sementara, margarin aromanya tidak sekuat mentega dan malah sedikit kecut.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X