Banyaknya Titik Kritis Halal Kosmetik, Inilah Faktor yang Perlu Diperhatikan Umat Islam

- Rabu, 8 Juni 2022 | 18:52 WIB
Ilustrasi titik kritis halal kosmetik bagi umat Islam
Ilustrasi titik kritis halal kosmetik bagi umat Islam

Umat Islam tentu wajib memperhatikan segala hal tentang kosmetik yang dipakai, apalagi berpengaruh pada syarat sah salatnya, salah satunya suci dari najis.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia, masih banyak jenis dan merek kosmetik yang berlum bersertifikat halal MUI, apalagi produk kosmetik impor.

Bahkan, Kyai Aiyub mengungkapkan bahwa kosmetik memang berbeda dengan makanan atau minuman yang masuk ke tubuh.

Namun, kosmetik yang menempel di wajah dan bagian tubuh lain, tentu berpengaruh besar terhadap syarat sah salat, seperti suci dari najis.

Setiap muslim yang akan mengerjakan ibadah salat, harus memastikan dirinya tidak ada lagi najis, baik pada tubuh, pakaian, maupun tempat salat.

Hingga September 2021, LPPOM MUI menyebutkan bahwa ada 16.844 produk kosmetik halal dengan 418 sertifikat halal dari 210 perusahaan yang beredar di Indonesia.

Bagi muslim perempuan, dianjurkan memilih kosmetik yang suci dan halal serta menghindari penggunaan produk kosmetik yang haram dan najis.

Muslim perempuan juga harus memastikan bahwa kosmetik yang digunakan pada bagian tubuhnya haruslah yang bersertifikat halal.

LPPOM MUI bahkan menyebutkan bahan-bahan kosmetik yang menjadi titik kritis halal, seperti kolagen, elastin, ekstrak plasenta, lemak dan turunannya, serta cairan amnion.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Bertobat yang Perlu Diketahui

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:33 WIB

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X