Titik Kritis Halal Minuman Teh Kemasan, Umat Islam Wajib Tahu!

- Senin, 13 Juni 2022 | 17:51 WIB
Ilustrasi titik kritis halal minuman teh kemasan
Ilustrasi titik kritis halal minuman teh kemasan

Teh adalah tumbuhan hijau yang umumnya banyak ditemukan di Indonesia. Teh pun dapat diolah menjadi minuman yang cukup digemari banyak orang, apalagi mengandung zat antioksidan.

Namun menurut LPPOM MUI, minuman teh memiliki titik kritis halal yang perlu diperhatikan umat Islam, khususnya minuman teh kemasan.

Auditor halal senior LPPOM MUI menjelaskan bahwa daun teh sebagai bahan nabati memang tidak memiliki titik kritis halal. Namun, dalam proses pembuatan minuman teh kemasan, terdapat campuran bahan lain yang perlu diketahui secara mendetail.

Pada dasarnya, teh dibuat dengan cara fermentasi spontan sehingga tidak berpotensi haram. Fermentasi daun teh pun tidak melibatkan mikroba sebagai sumber enzim, tapi dengan enzim polifenol oksidase yang terkandung dalam daun teh tersebut.

Jika daun teh diremas, enzim akan keluar lalu bereaksi dengan polifenol dan oksigen sehingga terbentuklah polifenol yang teroksidasi.

Menurut seorang guru besar IPB, ada banyak bahan yang turut dicampurkan dalam proses produksi teh. Itulah penyebab minuman teh kemasan harus diwaspadai titik kritis halalnya bagi konsumen muslim.

Berdasarkan sebuah penelitian, minuman bermerek Cinna Alle terdiri atas 17 jenis rempah-rempah, sehingga salah satu titik kritis halal minuman teh kemasan terletak pada perisa yang terkandung di dalamnya.

Faktor perisa berkaitan erat dengan berbagai rasa dan aroma pada minuman teh kemasan. Misalnya, teh aroma dan rasa lemon, mint, vanila, dan melati.

Pada dasarnya perisa adalah bahan tambahan pangan yang digunakan untuk memberikan aroma dan rasa tertentu pada berbagai makanan atau minuman olahan.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Bertobat yang Perlu Diketahui

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:33 WIB

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X