Istilah Babi dalam Komposisi Produk yang Perlu Diketahui Umat Islam

- Senin, 13 Juni 2022 | 17:59 WIB
Ilustrasi istilah babi dalam komposisi makanan atau produk tertentu
Ilustrasi istilah babi dalam komposisi makanan atau produk tertentu

Bagi umat muslim, makan daging babi merupakan hal yang dilarang dalam Al Quran. Karena itu, umat muslim harus mengenali istilah babi dalam komposisi makanan.

Sebab, hampir semua bagian babi yang digunakan sebagai bahan masakan layaknya sapi. Misalnya, daging, tulang, jeroan, hingga kaldu.

Babi umumnya dikenal dengan istilah pork atau ham. Namun ternyata, ada banyak istilah babi yang digunakan pada bagian komposisi makanan yang perlu diketahui sehingga tidak salah mengonsumsinya.

Apalagi ketika berkunjung ke luar negeri, hampir semua restoran menawarkan menu babi. Ada pula istilah yang jarang diketahui karena terdengar masih asing bagi orang Indonesia.

Dalam Al Quran, dijelaskan bahwa babi haram hukumnya dikonsumsi umat muslim. Pada surat An Nahl ayat 115,

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tapi barangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Selain daging babi, semua bagian lain yang berasal dari babi haram hukumnya dikonsumi umat Islam. Misalnya, darah, bangkai, hingga minyak babi.

Alasan diharamkannya babi dalam Islam adalah Allah Swt. berfirman dalam ayat-ayat Al Quran bahwa umat-Nya tidak boleh mendekati babi.

Sebab, babi adalah hewan kotor dan penuh penyakit. Sistem pencernaan manusia pun tidak dapat mencerna babi yang masuk ke tubuh dengan mudah. Pada dasarnya, babi digunakan sebagai penampung sampah.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Bertobat yang Perlu Diketahui

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:33 WIB

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X