Cermati Tempat Makan Sebelum Berkunjung dengan Cek Sertifikat Halal MUI

- Kamis, 16 Juni 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi sertifikat halal MUI pada tempat makan atau restoran di Indonesia
Ilustrasi sertifikat halal MUI pada tempat makan atau restoran di Indonesia

Di Indonesia, meski mayoritas penduduknya beragama Islam, perlu juga mencermati berbagai restoran atau tempat makanan sebelum berkunjung dan menikmati hidangannya, termasuk sertifikat halal MUI.

Sertifikat halal MUI digunakan untuk memastikan makanan dan minuman yang diperdagangkan dapat dikonsumsi oleh umat muslim yang wajib mengonsumsi makanan halal.

Selain itu, sertifikat halal juga digunakan sebagai syarat memasarkan dan mengedarkan produk dalam jangkauan yang lebih luas, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keamanan produk.

Direktur Pelayanan Audit Halal LPPOM MUI pun mengatakan bahwa hingga kini, proses sertifikasi halal bagi restoran atau tempat makan masih terus berlangsung.

Sesuai regulasi, makanan dan minuman untuk tahapan sertifikasi halal dimulai sejak Oktober 2019 hingga 2024. Jadi, diharapkan semua produk di Indonesia sudah tersertifikasi halal.

Namun, meski saat ini belum semua restoran tersertifikasi halal, masyarakat tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk memastikan tempat makan yang dikunjungi itu halal.

Adapun tips yang dibagikan pihak LPPOM MUI terhadap produk halal adalah ada logo halal. Restoran atau tempat makan yang sudah tersertifikasi halal pasti akan menempelkan logo halal MUI.

Tak hanya itu, logo halal juga akan dipasang di toko roti dan kedai kopi yang sudah tersertifikasi halal. Biasanya, logo halal akan mudah ditemukan pada bagian pintu masuk toko atau kedai.

Untuk produk non-halal dengan kandungan B2B tidak akan memasang logo halal. Produk retail yang halal tentu memasang logo halal, karena terletak di pusat perbelanjaan.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Bertobat yang Perlu Diketahui

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:33 WIB

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X