Kapan Tepatnya Idul Adha 1443 H dan Hukum Kurban bagi Orang Telah Meninggal Dunia? Inilah Infonya.

- Kamis, 16 Juni 2022 | 18:02 WIB
Ilustrasi hukum kurban bagi orang yang telah meninggal dan kapan tepatnya 10 Zulhijah 1443 H
Ilustrasi hukum kurban bagi orang yang telah meninggal dan kapan tepatnya 10 Zulhijah 1443 H

Bagi umat muslim yang memasuki bulan Zulhijah 1443 H tentu sangat bergembira menyambutnya, sebab akan ada hari raya Idul Adha sekaligus ibadah kurban.

Hukum kurban adalah sunah muakad, dan berlaku secara kifayah bagi satu keluarga. Jika salah satu anggota keluarga telah melaksanakan ibadah kurban, berarti anggota lain akan mendapatkan keutamaannya.

Namun, jika hanya dilakukan oleh satu orang hukum kurban adalah sunah ‘ain. Dalam mazhab Syafi’i, ibadah kurban atas nama orang lain tidak diperkenankan tanpa seizin orang tersebut.

Adapun perbedaan pendapat dari para ulama terkait dengan hukum kurban bagi oang yang telah meninggal.

Pada mazhab Syafi'i, tidak diperbolehkan berkurban bagi orang yang telah meninggal, kecuali semasa hidupnya orang itu berwasiat.

Itu pun merujuk pada firman Allah Swt. dalam surat An Najm ayat 39, “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.”

Jika sebelum meninggal, seseorang telah mewasiatkan kurban, berarti boleh melaksanakan ibadah kurban atas nama orang tersebut, dan nantinya akan mendapatkan pahala dari wasiat itu.

Terkait daging hasil kurban, seluruhnya wajib disedekahkan kepada orang miskin. Si pemilik dan orang-orang kaya tidak boleh ikut menikmatinya.

Sementara dalam mazhab Maliki, hukum kurban bagi orang yang telah meninggal sifatnya makruh. Dengan catatan, jika sebelum meninggal, orang itu tidak menetapkan hewan tertentu sebagai ibadah kurban.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Bertobat yang Perlu Diketahui

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:33 WIB

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X