Jenis-Jenis Sujud Beserta Bacaan Doa dan Tata Cara Pelaksanaan Sesuai Sunah

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 17:02 WIB
Ilustrasi jenis sujud, doa sujud, dan tata cara sujud sesuai sunah
Ilustrasi jenis sujud, doa sujud, dan tata cara sujud sesuai sunah

Sujud adalah bagian dari gerakan salat, yang juga merupakan salah satu gerakan yang disukai Rasulullah Saw., sebab termasuk gerakan yang mulia.

Tak hanya itu, sujud adalah wujud kepasrahan diri kepada Allah Swt. karena manusia hanyalah hamba kecil dan tidak berdaya tanpa bantuan Allah Swt.

Sujud pun tidak hanya sebagai bagian gerakan salat, tapi juga dapat dilaksanakan dalam kondisi tertentu dengan bacaan doa sujud yang berbeda tergantung jenis sujud yang sedang diterapkan.

Tata cara sujud yang baik sesuai dengan aturan salat adalah dengan menempelkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, serta ujung jari kaki dengan sajadah untuk salat.

Tak hanya itu, seseorang yang melakukan sujud harus memperhatikan jarak kedua kaki dengan posisi sedikit terbuka. Gerakan tersebut pun diulang beberapa kali dalam salat.

Sama halnya dengan tata cara sujud yang lain, tapi dalam hal ini tidak diulangi terus-menerus seperti sedang melaksanakan salat.

Dalam KBBI, sujud adalah pernyataan hormat dengan berlutut dan menundukkan kepala. Ketika bersujud, umat muslim menyembah Allah Swt. sebagai penghormatan bahwa Dia-lah Tuhan semesta alam.

Rasulullah Saw. pun bersabda bahwa sujud memiliki keistimewaan dalam hal jasmani dan rohani seseorang.

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak salat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah, melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapus dosamu.”

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Bertobat yang Perlu Diketahui

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:33 WIB

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X