Bacaan Doa Menjadi Haji Mabrur dan Mabrurah dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:32 WIB
Ilustrasi jamaah haji mengamalkan bacaan doa menjadi haji mabrur dan mabrurah
Ilustrasi jamaah haji mengamalkan bacaan doa menjadi haji mabrur dan mabrurah

Secara bahasa, haji adalah bermaksud melakukan sesuatu. Sementara, secara istilah haji adalah menyengaja berkunjung ke tanah suci Mekkah untuk beribadah pada waktu dan cara tertentu dengan tertib.

Haji adalah ibadah yang harus dilaksanakan pada bulan haji, yaitu Zulhijjah. Haji pun biasanya dilaksanakan mulai bulan Syawal hingga hari Idul Adha.

Adapun pengertian haji adalah menyengaja pergi ke tanah suci untuk beribadah, menjalankan tawaf, sa’i, dan wukuf di Arafah, serta seluruh ketentuan ibadah haji di waktu yang telah ditentukan dengan tertib.

Hukum haji adalah wajib bagi umat Islam yang memenuhi syarat untuk melaksanakannya. Itu pun tertuang dalam surat Ali Imran ayat 98, “Dan bagi Allah Swt., wajib bagi manusia melaksanakan haji ke Baitullah.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar, bahwa “Islam didirikan atas lima hal, bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah Swt. dan sesungguhnya Nabi Muhammad Saw. utusan Allah, mendirikan salat, melaksanakan zakat, haji ke Baitullah, dan puasa Ramadan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun rukun haji yang patut diterapkan umat Islam adalah niat ihram, wuquf di Arafah, tawaf, sa’i, dan memotong rambut.

Lima rukun haji itu harus dipenuhi demi keabsahan ibadah haji yang dilakukan. Menurut Syekh Abdullah Abdurrahman Bafadhal Al Hadlrami, ada lima rukun haji, yaitu niat ihram, wuquf di Arafah, tawaf, sa’i, dan memotong rambut. Dan, ada pula empat rukun umrah, yaitu ihram, tawaf, sa’i, dan memotong rambut.”

Ada pula bacaan doa haji mabrur yang dapat diterapkan jamaah haji untuk mendoakan diri sendiri dan jamaah lain agar mendapatkan pahala haji mabrur dan mabrurah.

Allah Swt. pun telah menyediakan pahala sangat besar bagi orang yang berangkat haji dan mendapatkan haji mabrur. “Tidak ada balasan (yang pantas diberikan) bagi haji mabrur, kecuali surga.” (HR Bukhari)

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X