Bacaan Salat Fardu 5 Waktu: Doa, Niat dan Tata Cara Pelaksanaan

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:30 WIB
Ilustrasi sujud dalam tata cara salat fardu 5 waktu bagi umat Islam
Ilustrasi sujud dalam tata cara salat fardu 5 waktu bagi umat Islam

Bagi umat muslim, diwajibkan melaksanakan salat fardu 5 waktu setiap harinya. Salat fardu 5 waktu itu adalah salat Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib, dan Isya.

Adapun jumlah keseluruhan salat fardu 5 waktu adalah 17 rakaat setiap harinya. Dengan pembagian waktu salat, yaitu salat Subuh sebanyak 2 rakaat, salat Zuhur sebanyak 4 rakaat, salat Ashar 4 rakaat, salat Magrib 3 rakaat, serta salat Isya 4 rakaat.

Salat fardu 5 waktu adalah ibadah wajib yang dilaksanakan bagi umat Islam. Bacaan salat fardu 5 waktu sangatlah penting diketahui agar ibadah menjadi sah atau diterima oleh Allah Swt.

Sebab, salat adalah amalan yang pertama kali akan dihisab kelak di akhirat, termasuk mengetahui bacaan salat fardu 5 waktu.

Dalam surat An Nisa ayat 103, Allah Swt. berfirman, “Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Salat Subuh 

Salat Subuh dilaksanakan paling awal, yaitu sejak terbitnya fajar dan berakhir hingga terbitnya matahari. Jumlah rakaat salat Subuh adalah 2 rakaat.

Bacaan niat salat Subuh: 

Usholli fardha shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X