Bacaan Doa saat Bersedekah Supaya Diterima Allah Ta'ala

- Minggu, 3 Juli 2022 | 16:26 WIB
Allah SWT akan melancarkan segala hajat dan rezeki jika memberikan sedekah kepada 3 orang ini. Lantas, siapa saja 3 orang yang akan diberi sedekah itu? (dok, Screenshot/Ist)
Allah SWT akan melancarkan segala hajat dan rezeki jika memberikan sedekah kepada 3 orang ini. Lantas, siapa saja 3 orang yang akan diberi sedekah itu? (dok, Screenshot/Ist)

HARIANHALUAN - Doa saat bersedekah sangat penting diketahui semua umat Islam. Dalam ajaran agama Islam, ibadah yang dilaksanakan tidak hanya sholat dan puasa, tapi ada lainnya. Salah satunya sedekah.

Dalam bahasa Arab, sedekah diambil dari kata shadaqah yang berasal dari kata sidq (sidiq) yang artinya kebenaran. Dalam Peraturan Baznas Nomor 2 Tahun 2016, sedekah merupakan harta atau nonharta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Baca Juga: Hukum Sedekah Melalui Transfer Online Berdasarkan Ajaran Islam

Sedekah dianggap sebagai amalan yang dapat memberikan manfaat besar bagi pelakunya seperti mencegah penyakit, menolak bala, mempermudah rezeki. Namun jika diselisik lebih dalam, sedekah mengandung unsur yang jauh lebih besar. Bersedekah sebagai upaya mengentaskan mereka yang kurang mampu terlepas dari beban hidupnya.

Oleh karena itu, banyak Muslim berlomba-lomba bersedekah. Ketika bersedekah yang paling utama diinginkan para umat adalah diterima oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Maka itu, umat Islam dituntut memberikan amal sedekah dalam bentuk apa pun tanpa diikuti kalimat yang menyakitkan, dan diawali dengan doa.

Baca Juga: Buya Yahya Sindir Gaya Ceramah Ustaz Yusuf Mansur yang Hobi Minta Sedekah: Seperti Merampok

Lantas, bagaimana doa saat bersedekah? Dikutip dari Islam.nu.or.id melalui Okezone.com, Minggu, 3 Juli 2022, terdapat doa yang dianjurkan diamalkan saat bersedekah, sebagai berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab latin: Rabbanā taqabbal minnā innaka antas samī‘ul ‘alīmu (QS Al Baqarah: 127)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X