Salat Idul Adha: Bacaan Niat dalam Bahasa Arab dan Latin Beserta Tata Cara Pelaksanaan

- Senin, 4 Juli 2022 | 14:48 WIB
Ilustrasi umat muslim melaksanakan salat Idul Adha dengan terlebih dulu membaca niat salat Idul Adha lalu diakhiri salam dan khutbah
Ilustrasi umat muslim melaksanakan salat Idul Adha dengan terlebih dulu membaca niat salat Idul Adha lalu diakhiri salam dan khutbah

Idul Adha adalah hari raya dalam agama Islam yang diperingati sebagai peristiwa kurban. Berawal dari ketika Nabi Ibrahim as. bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail as. sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah Swt.

Kemudian sebelum Nabi Ibrahim as. mengorbankan putranya, Allah Swt. menggantikan Nabi Ismail as. dengan domba. Itulah awal dari hari raya Idul Adha.

Idul Adha bermakna berkurban seperti yang dicontohkan Nabi Ismail as. yang rela disembelih demi menjalankan perintah Allah swt. serta Nabi Ibrahim yang rela menyembelih anaknya sendiri.

Kurban pun dimaksudkan menunjukkan kesediaan tiap umat muslim untuk menyerahkan harta mereka yang paling berharga demi Allah Swt.

Makna kurban juga lebih mendalam, dan menunjukkan pengorbanan keterikatan pada keinginan material, harta benda, serta hal lain untuk pengabdian yang lebih besar kepada Allah Swt.

Tahun ini, salat Idul Adha akan dilaksanakan pada 10 Juli 2022. Idul Adha maupun Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang selalu dinantikan dan membawa membahagiakan.

Pada hari raya Idul Adha, umat muslim akan melaksanakan kurban hewan ternak yang kemudian akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Biasanya, umat muslim akan melaksanakan salat Idul Adha berjamaah sebelum memotong daging kurban.

Menurut kalender hijriyah, salat Idul Adha dilaksanakan pada 10 Zulhijjah. Sementara dalam kalender masehi, salat Idul Adha dilaksanakan Minggu, 10 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X