Dalam Ajaran Islam, Bolehkah Panitia Mendapatkan Daging Kurban pada Idul Adha? Inilah Infonya.

- Senin, 4 Juli 2022 | 17:26 WIB
Ilustrasi bolehkah panitia ikut mendapatkan daging kurban pada Idul Adha
Ilustrasi bolehkah panitia ikut mendapatkan daging kurban pada Idul Adha

Setelah salat Idul Adha, umat muslim di Indonesia biasanya melaksanakan ibadah kurban dengan penyembelihan kambing atau sapi di masjid atau area luas untuk dibagikan, lalu diolah menjadi satai yang disantap beramai-ramai.

Ibadah kurban pun hukumnya wajib bagi mereka yang mampu, dan sebagai keteladanan dari Nabi Ibrahim as. dan Nabi Ismail as. atas ketakwaannya kepada Allah ta’ala.

Hari raya kurban dimulai dengan salat Idul Adha secara berjamaah di masjid atau tanah lapang. Lalu, barulah dilakukan penyembelihan hewan kurban, pemotongan, dan pembagian hewan kurban oleh panitia kurban.

Pada dasarnya, orang-orang yang mendapatkan hewan kurban pun telah diatur dalam syariat Islam, yaitu orang yang berkurban (shohibul qurban), teman, tetangga, kerabat, dan fakir miskin.

Sementara, panitia kurban mendapatkan daging hewan kurban telah dibahas di situs NU Online. Bahwa, orang yang menunaikan ibadah kurban diharamkan memberikan sebagian dari hewan kurbannya kepada tim jagal atau panitia kurban sebagai upah mereka.

Bahkan, Syekh Nawawi Banten menjelaskan mengapa orang berkurban dilarang memberikan daging atau kulit hewan kurban kepada tim jagal atau panitia kurban sebagai upah.

Namun jika orang berkurban itu memberikan daging atau kulit hewan kurban kepada panitia kurban atau tim jagal disertai niat bersedekah, pemberian daging atau kulit kurban pun diperbolehkan.

Adapun sumber tepercaya yang membahasnya, “(Menjadikannya) salah satu bagian dari kurban (sebagai upah penjagal juga haram), karena pemberian sebagai upah itu bermakna ‘jual’, (meski itu ibadah kurban sunah).

“Jika kurbanis memberikan sebagian daging kurban mentah, bukan selain daging seperti kulit, kepada penjagal bukan diniatkan sebagai upah, tapi diniatkan sebagai sedekah (tidak masalah),

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X