Bagaimana Ganti Utang Puasa Ramadan Jika Lupa Jumlahnya? Inilah Info Lengkapnya.

- Rabu, 13 Juli 2022 | 16:51 WIB
Ilustrasi, bagaimana ganti puasa Ramadan jika lupa jumlahnya
Ilustrasi, bagaimana ganti puasa Ramadan jika lupa jumlahnya

Puasa Ramadan tidak dapat dipisahkan dari peristiwa penting hijrah Nabi Muhammad Saw. menuju Madinah, untuk menghindari gangguan kaum Quraisy.

Menurut dai dari Rumah Fiqih Indonesia, Ramadan pun berasal dari kata Romadh yang mengandung makna ‘panas menyengat atau membakar’.

Dinamakan demikian, karena matahari pada bulan Ramadan jauh lebih menyengat ketimbang bulan lainnya.

Puasa Ramadan diwajibkan pada Nabi Muhammad Saw. dan umatnya oleh Allah Swt. dengan cara yang selama ini dilakukan umat muslim, termasuk ibadah salat, azan, dan iqamat.

Sebagaimana hukum puasa Ramadan adalah wajib, membayar utang puasa Ramadan atau puasa qada Ramadan hukumnya pun wajib.

Puasa qada Ramadan tidak boleh dibatalkan, kecuali ada udzur yang dibenarkan syariat sebagaimana halnya ibadah puasa Ramadan.

Bagi umat muslim, tidak boleh dan tidak sah jika mengubah niat puasa sunah menjadi puasa qada Ramadan. Sebab, puasa qada Ramadan hukumnya wajib dan niat puasa wajib harus dilakukan pada waktu malam sebelum fajar tiba.

Menurut Syaikh Al Bujairimi dalam kitab Hasyiah Al Iqna, “Disyaratkan berniat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadan, puasa qada Ramadan, atau puasa nazar.

“Syarat ini berdasarkan pada hadis Nabi. Barangsiapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.”

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Saat Hujan dan Petir disertai Artinya

Sabtu, 5 November 2022 | 13:18 WIB
X