Bolehkah Mendahulukan Makan Dibanding Salat? Simak Jawaban Ustaz Fauzan

- Minggu, 17 Juli 2022 | 13:29 WIB
Ilustrasi makan/pergikuliner.com
Ilustrasi makan/pergikuliner.com

HARIANHALUAN - Bolehkah mendahulukan makan dibanding sholat? Hal ini ternyata ditanyakan banyak orang. Lantas, apa jawabannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin menjelaskan, hal yang mesti digarisbawahi di sini ialah waktu dari kondisi tersebut muncul. Maksudnya, jika memang waktu sholat masih panjang, tidak apa makan dulu.

Baca Juga: Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jokowi Doakan Jamaah Haji Indonesia

"Tapi kalau memang waktu sholat sudah mepet, ya tentunya sholat mesti didahulukan. Bagaimanapun, sholat lebih penting daripada makan malam," terangnya dikutip dari Okezone.com, Minggu, 17 Juli 2022.

Sementara itu dalam hadis riwayat Imam Bukhari nomor 672 dan Imam Muslim nomor 557 dijelaskan mengenai hal tersebut:

إِذَا قُدِّمَ الْعَشَاءُ فَابْدَءُوا بِهِ قَبْلَ أَنْ تُصَلُّوا صَلاَةَ الْمَغْرِبِ ، وَلاَ تَعْجَلُوا عَنْ عَشَائِكُمْ

Artinya: "Apabila makan malam sudah tersaji, maka dahulukanlah makan malam tersebut dari Sholat Magrib. Dan janganlah kalian tergesa-gesa dari makan kalian." (HR Bukhari nomor 672 dan Muslim 557)

Terkait hadis tersebut, dai muda tersebut menjelaskan bahwa semua itu kondisional. Jika kondisi darurat, misalnya sangat lapar sampai tidak kuat berdiri untuk sholat, maka dahulukan makan.

"Atau seandainya memilih sholat terlebih dahulu, tapi pada saat sholat tidak khusyuk gara-gara ingat makanan, maka hendaknya makan duluan selama tidak ada niat menafikan sholat," paparnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X