Jelang 1 Muharam 1444 H, Kenali Lebih Dekat Tahun Baru Islam 2022 dari Sejarahnya

- Selasa, 19 Juli 2022 | 11:02 WIB
Ilustrasi tahun baru Islam 2022
Ilustrasi tahun baru Islam 2022

Tanggal 1 Muharam 1444 H akan jatuh pada 30 Juli 2022, yang juga menandakan Tahun Baru Islam dalam kalender Hijriah.

Berdasarkan sejarahnya, Tahun Baru Islam bermula ketika seorang gubernur menulis surat kepada Umar bin Khattan ra. yang isinya menyatakan bingung perihal surat yang tidak memiliki tahun yang menyulitkannya dalam hal pengarsipan.

Itulah awal pembuatan kalender Islam, ketika umat muslim masih mengadopsi peradaban Arab pra-Islam tanpa angka tahun, malah hanya sebatas tanggal dan bulan.

Bahkan, Rasulullah Saw. menerapkan kalender Hijriah sebagai penyempurna waktu, misalnya mengembalikan bulan menjadi 12 dan tidak memajukan atau memundurkan hari atau bulan yang dilakukan kaum jahiliyah saat itu.

Ada pula yang mengatakan bahwa pada masa itu, Nabi Muhammad Saw. lahir pada tahun Gajah. Itulah bukti bahwa masyarakat Arab tidak menggunakan angka dalam menentukan tahun.

Karena itu, para sahabat Rasulullah Saw. termasuk Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan Thalhan bin Ubaidillah, berdiskusi untuk menentukan kalender Islam.

Usulan mereka antara lain kalender Islam berdasarkan hari kelahiran Nabi Muhammad, atau ditentukan sejak Nabi Muhammad diangkat sebagai rasul.

Namun akhirnya, usul Ali bin Abi Thalib yang diterima yaitu kalender Hijriah Islam dimulai sejak peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. dari Mekkah menuju Madinah.

Karena usulan Ali bin Abi Thalib itu, kalender Islam pun dibuat kemudian tahun baru Islam tercetuskan.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X