Kenapa Malam 1 Suro Dianggap Keramat? Inilah Info Lengkapnya.

- Selasa, 19 Juli 2022 | 12:11 WIB
Ilustrasi malam 1 Suro yang dianggap keramat
Ilustrasi malam 1 Suro yang dianggap keramat

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H akan jatuh pada malam 29 Juli hingga 30 Juli 2022. Sementara dalam kalender Jawa, tanggal itu dikenal juga sebagai malam 1 Suro yang keramat.

Adapun anggapan keramat akan malam 1 Suro juga tecermin dari film Malam Satu Suro yang tayang tahun 1988 dan dibintangi oleh legenda film horor, Suzzanna.

Dalam film itu, malam 1 Suro digambarkan sebagai momen berbagai setan, jin, dan ilmu santet yang menunjukkan keberadaannya.

Di kehidupan nyata, sebagian masyarakat pun memercayai mitos bahwa adanya pantangan melakukan kegiatan tertentu pada bulan Suro karena dianggap pamali. Misalnya, tidak boleh mengadakan pernikahan dan membangun rumah.

Bahkan, di beberapa daerah penduduknya akan menyambut malam 1 Suro sebagai ‘malam yang disucikan’ seperti melakukan padusan atau mandi bersama di sungai untuk ‘membersihkan diri dari aura negatif dan bersiap menyonsong tahun yang baru.

Tak hanya itu, ada pula kegiatan lek-lekan atau tidak tidur semalaman, tudurani atau perenungan diri sambil berdoa, tirakat hingga selamatan dengan menyajikan sesaji di tempat yang dinilai sakral seperti gunung atau petilasan raja.

Awal mula malam 1 Suro dianggap sakral adalah dari budaya keraton. Menurut buku Misteri Bulan Suro: Perspektif Islam Jawa (2010), keraton sering kali mengadakan upacara dan ritual untuk peringatan hari penting tertentu, dan akhirnya diwariskan dari generasi ke generasi.

Bahkan, lingkungan Keraton Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta sebenarnya memaknai malam 1 Suro sebagai malam yang suci atau bulan penuh rahmat.

Pada malam itu, mereka mendekatkan diri kepada Tuhan dengan membersihkan diri melawan segala godaan hawa nafsu, serta menjalankan tirakat dan perenungan diri.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X