Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H, Lengkap Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun serta Niat Puasa Asyura

- Selasa, 19 Juli 2022 | 14:59 WIB
Ilustrasi umat Islam melakukan amalan sunah di Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H
Ilustrasi umat Islam melakukan amalan sunah di Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H

Pada 1 Muharam 1444 H, umat Islam akan menyambut Tahun Baru Islam. Tepatnya dalam kalender masehi, Tahun Baru Islam 2022 akan jatuh pada 30 Juli nanti.

Penghitungan tahun dalam Islam merujuk pada perhitungan bulan. Berbeda halnya dengan masehi yang berpatokan pada edaran matahari.

Dalam kalender Hijriah, Tahun Baru Islam pada 1 Muharam adalah bulan pertama. Di bulan Muharam, terdapat amalan sunah yang tidak ditemukan pada bulan lainnya. Misalnya, puasa Asyura.

Bagi umat Islam, puasa Asyura dilaksanakan pada 10 Muharam. Buya Yahya juga mengungkapkan adanya niat puasa Asyura dan tata cara puasa Asyura.

Pelaksanaan niat puasa Asyura dimulai ketika waktu magrib sehari sebelum hari berpuasa atau disebut sebagai malam harinya sebelum esok berpuasa.

Adapun tata cara niat puasa Asyura dicontohkan oleh Buya Yahya dengan menyebutkan nama puasanya dalam hati. Contohnya, aku niat puasa Asyura.

Jika puasa Asyura bertepatan pada hari Senin atau Kami, dikatakan boleh menggabungnya dengan puasa Senin Kamis. Sebab, puasa sunah boleh digabung dengan sunah lainnya.

Sunah yang dikumpulkan dalam puasa boleh digabung, tapi salat tidak boleh. Begitu pula, puasa sunah tidak boleh digabung dengan puasa fardu.

Bagi wanita yang uzur atau sedang haid pada 10 Muharam tapi ingin menunaikan puasa Asyura, dapat memanfaatkan waktu selama haid untuk berzikir atau bersalawat kepada Allah Swt. Sebab, diharamkan berpuasa dalam keadaan tidak suci.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X