Sambut Tahun Baru Islam 2022 di Akhir Juli, Inilah Doa Awal Tahun Lengkap dalam Bahasa Arab dan Artinya

- Rabu, 20 Juli 2022 | 15:43 WIB
Ilustrasi umat Islam membaca doa awal tahun dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H
Ilustrasi umat Islam membaca doa awal tahun dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H

Tahun Baru Islam berawal dari kebingungan umat Islam menentukan tahun. Sebab, pada masa sebelum Nabi Muhammad Saw., orang-orang Arab tidak menggunakan tahun dalam menandai peristiwa. Namun, hanya menggunakan hari dan bulan.

Saat itu, Nabi Muhammad Saw. pun dikatakan lahir pada tahun Gajah. Itulah salah satu bukti bahwa masyarakat Arab tidak menerapkan angka dalam menetapkan tahun.

Karena itu, para sahabat Nabi Muhammad Saw. seperti Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan Thalhan bin Ubaidillah, berdiskusi untuk menentukan kalender Islam.

Berbagai usulan pun tercetus, antara lain kalender Islam berdasarkan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw., serta sejak Nabi Muhammad diangkat sebagai rasul.

Namun, usulan Ali Bin Abi Thalib yang akhirnya diterima, yaitu kalender Hijriah Islam dimulai sejak peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah menuju Madinah.

Selanjutnya, kalender Islam pun pertama kali dibuat dan Tahun Baru Islam terpikirkan. Ada 12 bulan dalam sistem penanggalan kalender Islam yang tercantum dalam surat At Taubah ayat 36-37.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya 4 bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Awal mula penamaan Muharam dengan maknanya, didasari atas kepercayaan bahwa bulan ini adalah awal yang baru dalam setahun.

Bulan Muharam pun adalah waktu yang sangat ditaati, bahkan ketika di Arab tidak pernah terjadi peperangan.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X