Doa Ketika Hujan Meteor pada Malam Tahun Baru Islam Akhir Juli 2022, 1 Muharam 1444 H

- Kamis, 21 Juli 2022 | 15:10 WIB
Ilustrasi umat Islam membaca doa ketika hujan meteor berlangsung pada malam Tahun Baru Islam 2022
Ilustrasi umat Islam membaca doa ketika hujan meteor berlangsung pada malam Tahun Baru Islam 2022

Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi saat sejumlah meteor tampak bersinar di langit malam. 

Meteor tersebut biasanya berupa serpihan benda luar angkasa yang disebut juga meteoroid, yang masuk ke bumi melalui atmosfer dengan kecepatan tinggi.

Terjadinya hujan meteor biasanya saat bumi melintasi orbit yang mendekati komet dan melewati serpihannya atau meteoroid.

Meteoroid yang tidak habis terbakar dalam melewati atmosfer dan berhasil mencapai permukaan bumi disebut sebagai meteorit atau batu meteor.

Adakalanya hujan meteor dikaitkan dengan terkabulnya permintaan seseorang dan bahkan ketika fenomena alam itu berlangsung.

Dalam Islam, dijelaskan dalam mushaf Al Quran tentang fenomena alam termasuk hujan meteor dan tata surya yang terjadi di alam semesta.

Kutipan Al Quran yang menjabarkan hujan meteor terkandung dalam surat Al Mulk ayat 5. “Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.”

Sementara dari tafsir Kemenag RI atas surat Ash Shaffat ayat 10, saat hujan meteor berlangsung setan-setan itu tidak dapat mendengar pembicaraan para malaikat.

Malah, setan-setan yang berhasil mencuri pembicaraan dengan cepat akan dikejar oleh bintang yang menyala sehingga mereka pun terbakar.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X