Telinga Berdenging, Pertanda Baik atau Buruk? Inilah Infonya Lengkap dengan Bacaan Doa Menurut Syariat Islam

- Kamis, 21 Juli 2022 | 17:54 WIB
Ilustrasi telinga berdenging, dan umat Islam membaca doa ketika telinga berdenging
Ilustrasi telinga berdenging, dan umat Islam membaca doa ketika telinga berdenging

Telinga berdenging pernah dialami sebagian orang, dan rasanya pastilah tidak nyaman apalagi sedang beraktivitas rutin.

Islam mengajarkan bahwa jika umat muslim mengalami telinga berdenging, dianjurkan membaca doa agar selalu mengingat Allah Swt.

“Jika telinga salah seorang di antara kalian berdengung, hendaknya dia mengingatku (Rasulullah Saw), membaca salawat kepadaku, dan mengucapkan,

‘Dzakarallahu man dzakarani bi khairin’ (Artinya: Semoga Allah Swt. mengingat orang yang mengingatku dengan kebaikan).” (HR. Hakim, Ibn Sunni, Thabarani)

Sementara menurut medis, telinga kanan yang berdenging menandakan adanya infeksi telinga atau penyumbatan saluran telinga.

Saluran telinga dapat tersumbat akibat penumpukan cairan (infeksi telinga), kotoran telinga, atau benda asing lainnya. Penyumbatan pun dapat mengubah tekanan di telinga yang mengakibatkan gejala tinnitus.

Ada pula yang mengatakan bahwa telinga berdenging menandakan mimpi masuk ke sebuha perkumpulan dengan posisi tertinggi. Jika benar, orang itu sepatutnya membaca salawat dan puji syukur atas karunia Allah Swt. atas pencapaiannya.

Dalam kitab Azizi Ala Jamius Shaghir, Rasulullah Saw. pernah memanggil orang-orang yang mengalami telinga berdenging, dan makna telinga berdenging itu adalah untuk mengingat Rasulullah Saw. dengan membaca salawat.

Menurut Imam Nawawi, telinga berdenging terjadi hanya ketika berita baik datang ke ruh, bahwa Sayyidina Rasulullah telah menyebutkan orang (pemilik telinga berdenging) tersebut dengan kebaikan di al ma'la al'ala (majelis tertinggi) di alam ruh.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X