Bacaan Niat Salat Sunah Qabliyah Zuhur Beserta Tata Cara Pelaksanaan dan Zikir-Doa Setelahnya

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:19 WIB
Ilustrasi, membaca niat salat qabliyah Zuhur kemudian melakukan tata cara salatnya
Ilustrasi, membaca niat salat qabliyah Zuhur kemudian melakukan tata cara salatnya

Salat qabliyah adalah salat sunah rawatib yang dilaksanakan sebelum salat wajib atau fardu. Salat qabliyah hukumnya sunah muakad dan ghairu muakad, tergantung pada waktu pelaksanaan.

Diriwayatkan dalam hadis, “Rasulullah Saw. menjelaskan mengenai salat sunah qabliyah, ‘Antara dua azan (azan dan ikamah), terdapat satu salat (sunah). Antara dua azan (azan dan ikamah), terdapat satu salat (sunah).

“Antara dua (azan dan ikamah), terdapat satu salat (sunah).’ Beliau pun mengulanginya sebanyak tiga kali. ‘Bagi yang mau mengerjakannya,’ lanjut beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah Saw. juga menganjurkan umatnya untuk melakukan sujud sedikitnya 24 kali sehari, dengan mengerjakan salat lima waktu ditambah salat qabliyah.

“Barangsiapa yang melakukan salat 12 rakaat sehari semalam selain salat fardu, maka Allah Swt. akan membangunkannya rumah di surga.” (HR. Muslim, Abu Daud, dan At Tirmidzi)

Sunah muakad berarti salat sunah yang sangat dianjurkan dikerjakan bagi umat muslim. Sementara, ghairu muakkad menunjukkan derajat yang tidak sekuat sunah muakad.

Adapun salat qabliyah dengan hukum sunah muakad adalah 2 rakaat sebelum salat Subuh dan 2 rakaat sebelum salat Zuhur.

Bagi umat Islam yang mengerjakan salat qabliyah 4 rakaat, 2 rakat pertama menjadi sunah muakad dan 2 rakaat setelahnya adalah ghairu muakad.

Perlu diketahui, salat qabliyah pun memiliki keutamaannya yaitu sebagai penyempurna salat fardu, mendapatkan rahmat Allah Swt., diharamkan dari api neraka, dan lebih baik dari dunia beserta seisinya.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X