Kapan Tepatnya Awal Safar 2022 dan Peristiwa Pentingnya Menurut Sejarah Islam? Inilah Info Lengkapnya

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:10 WIB
Ilustrasi, umat Islam menelusuri peristiwa penting di bulan Safar
Ilustrasi, umat Islam menelusuri peristiwa penting di bulan Safar

Setelah Muharam, bulan Safar adalah bulan kedua dalam kalender Hijriah. Awal Safar 1444 H pun jatuh pada 29 Agustus 2022.

Adapun beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Safar, yang sekaligus membuktikan bulan Safar bukanlah bulan kesialan.

Safar bahkan diartikan sebagai kosong karena pada bulan ini orang Arab zaman dahulu pergi berperang sehingga terjadi kekosongan di Kota Mekkah.

Mitos yang entah dari mana pernah menyebar bahwa bulan Safar adalah bulan sial. Namun, tidak ada bukti karena pada dasarnya tidak ada waktu baik ataupun sial.

Diriwayatkan dari hadis, “Rasulullah Saw. bersabda, ‘Tidak ada wabah dan tidak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) daripada penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa.” (HR. Bukhari)

Dalam sejarah Islam, dalam bulan Safar terdapat banyak lika-liku perjalanan masa awal Islam. Di bulan Safar, Rasulullah Saw. juga melangsungkan pernikahan dengan Khadijah.

Secara harfiah, Safar berarti melakukan perjalanan. Sementara, orang yang melakukan safar disebut musafir.

Menurut Imam Al Jurjani, safar adalah seseorang yang keluar dengan maksud melakukan perjalanan selama tiga hari atau lebih.

Dalam kamus Lisan Al-Arab, Ibnu Manzhur bahkan menjelaskan bahwa safar berarti lawan dari kata hadhar (hadir), sehingga disimpulkan bahwa lawan dari kata hadir adalah tidak hadir.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X