Surat Al Hajj Ayat 45-46: Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Tafsir

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:07 WIB
Ilustrasi, membaca surat Al Hajj ayat 45-46 beserta arti dan tafsir
Ilustrasi, membaca surat Al Hajj ayat 45-46 beserta arti dan tafsir

Surat Al Hajj adalah surat ke-22 yang terdiri atas 78 ayat dan termasuk surat Madaniyah, tapi sebagian ahli tafsir ada yang menganggap surat ini tergolong surat Makkiyah.

Perbedaan pendapat itu disebabkan ayat-ayat surat Al Hajj ada yang diturunkan di Makkah dan ada pula yang diturunkan di Madinah.

Penamaan surat Al Hajj karena mengemukakan hal-hal yang berhubungan dengan ibadah haji, seperti ihram, thawaf, sa'i, wuquf di Arafah, mencukur rambut, syi'ar-syi'ar Allah, serta faedah dan hikmah disyari'atkannya haji.

Ibadah haji pun telah disyari'atkan pada masa Nabi Ibrahim as., dan Ka'bah didirikan oleh Nabi Ibrahim as. bersama putranya, Ismail as.

Menurut Al Ghaznawi, surat Al Hajj termasuk surat-surat yang ajaib. Surat Al Hajj diturunkan di malam dan siang hari, dalam keadaan musafir dan tidak musafir.

Dalam surat Al Hajj, ada ayat-ayat yang diturunkan di Makkah dan ada pula di Madinah, isinya berhubungan dengan peperangan dan ada pula perdamaian, serta ayat-ayatnya yang muhkam dan ada pula mutasyabihaat.

Dalam Al Quran, dikisahkan bahwa banyak negeri yang telah dibinasakan karena penduduknya yang suka berbuat dzalim, membuat kerusakan di muka bumi, dan menyekutukan Allah Swt.

Itulah yang dijelaskan dalam surat Al Hajj ayat 45 dan 46 beserta tafsirnya:

Surat Al Hajj Ayat 45

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X