Hafalan Surat Al Mulk Ayat 1-30 dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:52 WIB
Ilustrasi, membaca surat Al Mulk ayat 1-30 beserta artinya
Ilustrasi, membaca surat Al Mulk ayat 1-30 beserta artinya

Surah Al Mulk adalah surat ke-67 dalam Al Quran, yang terdiri atas 30 ayat dan termasuk surat Makkiyah. Surat ini diturunkan setelah Surat At Thur.

Penamaan Al Mulk yang berarti Kerajaan, diambil dari kata ‘Al Mulk’ pada ayat pertama. Surat Al Mulk juga disebut At Tabaarak yang berarti Maha Suci.

Dalam riwayat Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah Swt. akan menyelamatkannya dari siksa kubur.

“Kami (para sahabat) di masa Rasulullah Saw. menamakan surat tersebut Al Mani'ah (penyelamat dari siksa kubur), termasuk mencegah datangnya perbuatan jahat, menghalau siksa kubur dan siksaan di Hari Kiamat.”

Karena itulah, umat Islam dianjurkan membaca surat Al Mulk setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan banyak keutamaannya.

Tafsir Ibnu Katsir mengungkapkan bahwa Rasulullah Saw. belum beranjak tidur sebelum membaca Surat Al Mulk. Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, dari Jabir ra., “Rasulullah Saw. masih belum tidur sebelum membaca Alif lam mim tanzil dan Tabarakallazi biyadihil mulku.

Diriwayatkan pula dari Ibnu Abbas, “Rasulullah Saw. bersabda, ‘Ada suatu surat yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam surga, yaitu Tabarakallazi biyadihil mulku.’”

Surat Al Mulk 30 Ayat

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X