Jatuh pada 22 September 2022, Berikut Asal Mula dan Sejarah Rebo Wekasan

- Rabu, 21 September 2022 | 12:41 WIB
Ilustrasi, umat Islam melaksanakan puasa Ayyamul Bidh di bulan Safar 2022 dengan diawali niat puasa Ayyamul Bidh
Ilustrasi, umat Islam melaksanakan puasa Ayyamul Bidh di bulan Safar 2022 dengan diawali niat puasa Ayyamul Bidh

Jakarta, HarianHaluan.com - Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan adalah sebuah tradisi yang digelar setiap Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Islam atau Hijriah.

Dikutip dari berbagai sumber awalnya Rebo pungkasan merupakan upacara tradisional yang pada mulanya dilakukan di tempuran (tempat bertemunya dua sungai) Sungai Gajah Wong dan Sungai Opak, yang berhubungan dengan mitos Sultan Agung saat mengadakan pertemuan dengan penguasa pantai selatan yaitu Kanjeng Ratu Kidul.

Karena kemudian dirasakan menimbulkan efek negatif, kemudian acara ini digeser menjadi bentuk acara mengarak gunungan lemper diiringi arak-arakan.

Baca Juga: Bacaan Doa Awal Bulan Safar 2022: Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Tradisi Rebo Wekasan pertama kali diadakan pada masa Wali Songo. Kala itu, banyak ulama yang menyebutkan bahwa pada bulan Safar, Allah SWT menurunkan lebih dari 500 macam penyakit.

Sebagai antisipasi datangnya penyakit dan agar terhindar dari musibah, para ulama pun melakukan tirakatan dengan banyak beribadah dan berdoa.

Dikutip dari web Detik Jatim sejarah tradisi Rebo Wekasan bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi seperti disebutkan dalam kitab Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf'il 'Abid Wa Qam'i Kulli Jabbar 'Anid (biasa disebut: Mujarrobat al-Dairobi).

Baca Juga: Kapan Tepatnya Puasa Ayyamul Bidh Safar 2022? Inilah Infonya, Lengkap dengan Bacaan Niat

Dijelaskan dalam kitab tersebut, salah seorang Waliyullah yang telah mencapai maqam kasyaf (kedudukan tinggi dan sulit dimengerti orang lain) mengatakan bahwa dalam setiap tahun pada Rabu terakhir Bulan Safar, Allah SWT menurunkan 320 ribu macam bala dalam satu malam.

Oleh karena itu, beliau menyarankan umat Islam untuk salat dan berdoa memohon agar dihindarkan dari bala tersebut.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Saat Hujan dan Petir disertai Artinya

Sabtu, 5 November 2022 | 13:18 WIB
X