Apa Itu NFT? Berikut Sejarah dan Jenisnya

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 04:08 WIB
Ilustrasi Apa Itu NFT. Image Credit: elements.envato.com
Ilustrasi Apa Itu NFT. Image Credit: elements.envato.com

HARIANHALUAN.COM - Sedang tren, apa itu NFT? Non-Fungible Token atau NFT adalah bukti kepemilikan aset digital yang bisa diperjualbelikan kepemilikannya menggunakan mata uang crypto. NFT tidak bisa dipertukarkan, sehingga aset ini unik dan berbeda dari aset digital lainnya.

NFT terintegrasi dengan sebuah sistem yang bisa merekam informasi transaksi, sehingga menjadikannya aman dan sulit diretas. Sistem ini bernama teknologi blockchain. Blockchain adalah salah satu jenis Distributed Ledger Technology atau Teknologi Buku Besar Terdistribusi.

Seperti apa bentuk NFT dan contohnya? “non-fungible token,” secara teknis bisa berupa apa pun yang wujudnya digital. Misalnya, gambar, GIF animasi, lagu, dan item dalam video game.

Baca Juga: Apa Itu Cryptocurrency dan Bagaimana Cara Kerjanya? Berikut Penjelasannya

Lalu, apa bedanya dengan benda digital yang lain? NFT hanya ada di dunia virtual tiga dimensi Metaverse, sehingga Anda harus masuk ke dalam dunia itu jika ingin mempunyai kepemilikan aset digital NFT. Selain itu, aset digital di Metaverse ini dilindungi oleh sistem yang bisa melacak kepemilikannya.

Sejarah Non-Fungible Token

Pada 3 Mei 2014, Kevin McCoy mencetak token "Quantum" yang tidak dapat dipertukarkan, jauh sebelum pasar seni kripto atau CryptoArt Market meledak. Quantum adalah gambar pixel persegi delapan yang diisi dengan lingkaran, busur, atau bentuk lain yang berbagi di pusat yang sama.

CryptoArt atau NFT menggabungkan dunia seni media berbasis waktu yang didukung teknologi Blockchain. Cara kerja NFT terdesentralisasi, sehingga menjadikannya otentik.

NFT mewakili aset digital apa pun yang ada di blockchain Ethereum, sehingga membuatnya langka, dapat dibuktikan, dan berharga. Munculnya NFT telah menciptakan media baru bagi seniman dan kreator untuk memamerkan karya atau koleksinya. Pada gilirannya, sebuah revolusi membuka jalan bagi para seniman untuk membuat dan memonetisasi karya mereka.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB

Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:28 WIB

Jaringan 6G Tengah Dikembangkan oleh Samsung

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:56 WIB

Tempat Terbaik untuk Membeli Koin Kripto Solana

Jumat, 13 Mei 2022 | 17:05 WIB

Mata Uang Kripto Terra LUNA Anjlok 99 Persen

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:49 WIB
X